Iklan dempo dalam berita

Bikin Nyali Israel Ciut, Intip Kekuatan Militer Iran yang Punya 580.000 Personel Angkatan Bersenjata Aktif

Bikin Nyali Israel Ciut, Intip Kekuatan Militer Iran yang Punya 580.000 Personel Angkatan Bersenjata Aktif

Bikin Nyali Israel Ciut, Intip Kekuatan Militer Iran yang Punya 580.000 Personel Angkatan Bersenjata Aktif--Foto: ist

Intip Kekuatan Militer Iran yang Punya 580.000 Personel Angkatan Bersenjata Aktif

BACA JUGA:135 Negara Mengakui Palestina, Bagaimana dengan Amerika Serikat? Simak pula Awal Mula Pertikaian dengan Israel

Angkatan bersenjata Iran termasuk yang terbesar di Timur Tengah, dengan setidaknya 580 ribu personel aktif dan sekitar 200 ribu personel cadangan terlatih yang terbagi di antara tentara tradisional dan Islamic Revolutionary Guards Corps (Garda Revolusi Islam), menurut penilaian tahunan tahun lalu oleh International Institute for Strategic Studies.

Tentara dan Garda Revolusi masing-masing memiliki pasukan darat, udara, dan angkatan laut yang terpisah dan aktif, dengan Garda Revolusi bertanggung jawab atas keamanan perbatasan Iran. Staf Umum Angkatan Bersenjata mengoordinasikan cabang-cabang dan menetapkan strategi keseluruhan.

BACA JUGA:Gelar Aksi Donor Darah, Allbaik Chiken Bengkulu Donasi Bantuan Kemanusian Rp 50 juta untuk Palestina

Garda Revolusi juga mengoperasikan Pasukan Quds, sebuah unit elit yang bertugas mempersenjatai, melatih dan mendukung jaringan milisi proksi di seluruh Timur Tengah yang dikenal sebagai 'poros perlawanan.' Milisi tersebut antara lain Hizbullah di Lebanon, Houthi di Yaman, kelompok milisi di Suriah dan Irak, serta Hamas dan Palestinian Islamic Jihad di Gaza.

Panglima angkatan bersenjata Iran adalah pemimpin tertinggi, Ayatollah Ali Khamenei, yang memegang keputusan akhir atas semua keputusan besar. 

Meskipun milisi proksi tidak dihitung sebagai bagian dari angkatan bersenjata Iran, para analis mengatakan mereka dianggap sebagai kekuatan regional yang bersekutu, artinya siap berperang, bersenjata lengkap, dan loyal secara ideologis, sehingga dapat membantu Iran jika diserang.

BACA JUGA:Warga Palestina Terus Dibombardir, Ini Tiga Perang Besar yang Pernah Dihadapi Umat Islam

"Tingkat dukungan dan jenis sistem yang disediakan Iran untuk aktor non-negara benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya dalam hal drone, rudal balistik, dan rudal jelajah," kata Fabian Hinz, pakar militer Iran di Institut Internasional untuk International Institute for Strategic Studies di Berlin."

Mereka dapat dipandang sebagai bagian dari kemampuan militer Iran, khususnya Hizbullah, yang memiliki hubungan strategis paling dekat dengan Iran," ujarnya.

Jenis senjata yang dimiliki Iran

Selama beberapa dekade, strategi militer Iran bertumpu pada pencegahan, menekankan pada pengembangan rudal presisi dan jarak jauh, drone, dan pertahanan udara. 

China telah membangun armada besar speedboat dan beberapa kapal selam kecil yang mampu mengganggu lalu lintas pelayaran dan pasokan energi global yang melewati Teluk Persia dan Selat Hormuz.

BACA JUGA:Ini Sosok Penting dalam Perang Hamas Vs Israel, Dicintai Palestina dan Dibenci Israel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: