Iklan dempo dalam berita

Kerajaan Hindu Tertua, Ini Legenda Pusaka Kerajaan Kutai yang Terpendam Setelah Sekian Lama

Kerajaan Hindu Tertua, Ini Legenda Pusaka Kerajaan Kutai yang Terpendam Setelah Sekian Lama

Apa saja pusaka Kerajaan Kutai yang telah terkubur lama?--

BACA JUGA:Siapa Pemilik Keris Nogo Sosro? Berikut Fakta Mengenai Keris Nogo Sosro Pusaka Legendaris dari Majapahit

Keberadaannya tidak hanya sebagai perhiasan semata, tetapi juga sebagai simbol kekuasaan dan kedaulatan Kerajaan Kutai yang berdiri kokoh.

3. Kalung Ciwa

Salah satu peninggalan bersejarah dari Kerajaan Kutai adalah Kalung Ciwa, yang pertama kali ditemukan pada zaman kepemimpinan Sultan Aji Muhammad Sulaiman.

Ditemukan oleh warga di sekitar Danau Lipan, Muara Kaman pada tahun 1890, Kalung Ciwa telah menjadi bagian tak terpisahkan dari perhiasan kerajaan Kutai.

Hingga kini, Kalung Ciwa masih digunakan dalam berbagai acara istimewa, terutama dalam pesta pengangkatan raja baru. Keindahan dan keanggunan kalung ini mencerminkan kejayaan dan keagungan Kerajaan Kutai yang dulu pernah berdiri megah.

4. Pedang Sultan Kutai

Pedang Sultan Kutai merupakan senjata bersejarah yang terbuat dari emas padat. Dengan ukiran seekor harimau di gagang pedang dan ukiran seekor buaya di ujung sarung pedangnya, pedang ini menjadi simbol keberanian dan kekuatan Kerajaan Kutai.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Aries Hari Ini, Kabar Baiknya Bakal Diprediksi Memiliki Keuangan Stabil di 2024

Saat ini, Pedang Sultan Kutai dijaga dengan baik dan tersimpan di Museum Nasional Jakarta sebagai salah satu peninggalan berharga dari masa lalu yang patut dilestarikan.

5. Kura-kura Emas

Kura-kura emas merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari Kerajaan Kutai yang kini menjadi bagian dari koleksi Museum Mulawarman.

Ukurannya yang sebesar setengah kepalan tangan membuatnya menjadi persembahan yang istimewa dari seorang pangeran Kerajaan China kepada Putri Sultan Kutai yang bernama Aji Bidara Putih.

6. Prasasti Kerajaan Kutai

Salah satu peninggalan yang paling berharga dari Kerajaan Kutai adalah prasasti kuno yang menjadi saksi bisu dari masa kejayaan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: