Iklan dempo dalam berita

Tak Habis-habis! Segini Potensi Harta Karun Tambang di Kalimantan Barat

Tak Habis-habis! Segini Potensi Harta Karun Tambang di Kalimantan Barat

Harta karun tambang di Kalimantan Barat--

Menurut Wilfred, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalimantan Barat, saat ini terdapat sekitar 12 perusahaan yang tengah melakukan tahap eksplorasi, dimana dua di antaranya beroperasi di Kabupaten Bengkayang dan sepuluh lainnya di Kabupaten Landak.

Meskipun eksplorasi telah berlangsung, masih terbuka peluang yang luas untuk melakukan kegiatan eksplorasi maupun eksploitasi lebih lanjut terhadap komoditas emas ini.

BACA JUGA:Solusi Saraf Kejepit Tanpa Operasi, Cukup Minum Rebusan Daun Alami Ini, Dijamin Ampuh!

Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat ekonomis bagi para pelaku industri, tetapi juga memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat lokal.

Dari data yang tercatat oleh Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalimantan Barat, terungkap bahwa terdapat sekitar 631 izin pertambangan yang tersebar di seluruh provinsi.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 457 izin digunakan untuk kegiatan eksplorasi, sementara 174 izin lainnya diperuntukkan bagi kegiatan eksploitasi.

Lebih lanjut, potensi emas primer ditemukan di berbagai lokasi, seperti Gunung Selakean, Gunung Pandan, Serantak, Sintoro, dan Sekarem. Di daerah Lumar dan Ledo, emas primer hadir bersama dengan emas sekunder dengan kadar berkisar antara 1,77 hingga 2,8 gram per ton.

BACA JUGA:Selain Menyegarkan, Ini Lho Manfaat Air Rebusan Nanas untuk Wanita, No 6 Bisa Turunkan Berat Badan

Selain itu, pertambangan emas aluvial juga pernah dieksploitasi di Monterado oleh PT Monterado Mas Mining, dengan sumber daya terukur mencapai 35 juta meter kubik dan kadar emas sebesar 169 miligram per meter kubik.

Di Pangkalan Batu, potensi sumber daya emas diprediksi mencapai 6.703.125 meter kubik dengan kadar emas sebesar 124 miligram per meter kubik, sementara di Bonglitung, sumber daya terukurnya mencapai 72 juta meter kubik dan di Capkala.

Tak hanya di Kabupaten Bengkayang, potensi pertambangan emas juga ditemukan di wilayah Sanggau, yang merupakan salah satu wilayah dengan potensi pertambangan emas yang cukup besar di Kalimantan Barat.

BACA JUGA:Kalimantan Selatan Surga Bagi Pemburu Harta Karun Emas, Ini Titik Lokasinya

Kehadiran perusahaan pertambangan maupun penambang tradisional di daerah ini memberikan kontribusi signifikan dalam mendukung kehidupan ekonomi masyarakat setempat.

Metode penambangan tradisional yang banyak digunakan oleh penambang lokal mencakup proses amalgamasi, meskipun ada juga penggunaan teknologi modern seperti proses sianidasi.

Namun, beberapa hal yang perlu untuk diketahui bahwa, tak hanya pertambangan sumber daya alam yang ada di Kalimantan Barat. Tetapi ada juga beberapa sumber daya alam lainnya, seperti:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: