Iklan dempo dalam berita

Dengan Luas Lahan Karet 337 Ribu Hektare, Pemerintah Optomis Hasil Tambang Aspal Sumsel Bisa di Ekspor

Dengan Luas Lahan Karet 337 Ribu Hektare, Pemerintah Optomis Hasil Tambang Aspal Sumsel Bisa di Ekspor

Pemerintah Optomis Hasil Tambang Aspal Sumsel Bisa di Ekspor--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMSumatera Selatan juga turut serta menjadi penyumbang aspal terbesar di Indonesia. Lokasi tepatnya berada di Musi Banyuasin. Dengan luas lahan karet 337 ribu hektare, pemerintah optomis hasil tambang aspal Sumsel bisa didistribusikan ke luar daerah.

BACA JUGA:Tambang Aspal di Cilacap Bisa Dijual Eceran? Segini Harganya Per Kg

Bahkan belum lama ini pemerintah setempat mengklaim bahwa pembuatan pabrik aspal karet berbasis lateks pravulkanisasi miliknya, yang akan segera diselesaikan menempati urutan pertama di Indonesia.

BACA JUGA:Lokasi Tambang Aspal di Dumai yang Miliki Kualitas Terbaik dan Diakui Kementerian PUPR

Kota ini juga memiliki tambang aspal yang cukup besar. Di daerah ini aspal tidak hanya diolah menjadi bahan penutup jalan, melainkan diolah menjadi berbagai macam olahan yang unik dan berkualitas tinggi. 

Daerah ini juga memiliki produksi karet yang melimpah, sehingga beberapa pabrik membuat produk varian baru campuran aspal dengan karet.

BACA JUGA:Sulawesi Utara Kaya Raya Punya 13 Perusahaan Tambang Emas, Ini Titik Lokasinya

Pabrik yang memproduksi aspal berlatex ini dimulai pada tahun 2020 lalu. Aspal yang dihasilkan ini digadangkan memiliki kelenturan yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan aspal pada umumnya sehingga tidak mudah pecah dan lebih awet jika digunakan pada berbagai jenis medan tanah yang berada di Indonesia.

BACA JUGA:Kaya Raya, Ini Peta Titik Tambang Emas Sulawesi Tengah, Mampu Sumbangkan 2,32 Persen Cadangan Emas

Dengan pabrik ini tentu diharapkan bahwa pengelolaan aspal karet akan semakin maksimal. Bahkan aspal hasil produksinya bisa didistribusikan sampai ke luar daerah.

Pemerintah setempat senantiasa optimis mengingat telah tersedianya lahan perkebunan karet di lokasi tersebut yang luasnya hingga mencapai 337 ribu hektare. Apabila ada kekurangan bahan, nantinya bisa langsung membeli di Bengkulu maupun Jambi.

BACA JUGA:Target 8 Juta Ton Per Tahun 2025, Ini Titik Lokasi Tambang Harta Karun Emas Terbesar di Sulawesi

Sementara itu, aspal adalah material perekat dengan warna hitam atau coklat tua, yang unsur utamanya adalah bitumen. Bitumen diperoleh dari residu minyak bumi, aspal memiliki fungsi untuk pengikat agregat dalam pembuatan jalan.

Ada berbagai tahap-tahap proses pengaspalan jalan, tahap tersebut adalah pemetaan, Clearing, stripping, lalu pemadatan tanah, pelapisan bawah, pondasi atas, hotmix, pengaspalan, dan finishing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: