Iklan dempo dalam berita

5 Daerah Penghasil Harta Karun Tambang Gas Alam Terbesar di Indonesia, Maluku Memimpin

5 Daerah Penghasil Harta Karun Tambang Gas Alam Terbesar di Indonesia, Maluku Memimpin

-Tambang gas alam terbesar di Indonesia-

5. Kalimantan
Daerah penghasil gas alam terbesar selanjutnya adalah Kalimantan. Kalimantan menyimpan cadangan gas alam sebesar 2.924 miliar kaki kubik persegi. Contoh daerah penghasil gas alam di adalah Berau, Mahakam, dan Muara Bakau.

Selain kelima daerah penghasil gas alam terbesar tersebut, cangan gas alam Indonesia tersebar di daerah lainnya. Seperti, Jawa timur, Jawa Barat, Natuna di Kepulauan Riau, Aceh, Sumatra Tengah, dan Sumatra Utara.

BACA JUGA:9 Rekomendasi Obat Nyamuk yang Aman untuk Pernapasan

Sementara itu, proses pengolahan gas alam dilakukan oleh pabrik khusus yang menangani masalah energi. Gas alam yang keluar dalam bentuk energi yang sudah bisa digunakan oleh masyarakat secara langsung memiliki sifat yang sudah bersih sehingga sangat aman.

Gas alam menjadi sumber energi yang sangat aman. Selain itu sumber gas alam memiliki sifat yang bersih sehingga tidak menyebabkan masalah emisi udara. Bahkan dalam sebuah proses pengolahan, gasa alam terbukti lebih bersih daripada sumber energi lain seperti batu bara atau minyak.

BACA JUGA:Menjaga Stamina Hingga Cegah Kanker, 11 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Ini Wajib Kamu Ketahui

Berikut ini adalah beberapa jenis manfaat gas alam untuk kehidupan dan manusia secara khusus.

1. Gas Alam sebagai Bahan Bakar untuk Kendaraan
Saat ini sumber bahan bakar untuk kendaraan menggunakan bahan bakar minyak yang diolah menjadi berbagai jenis seperti bensin dan solar. Pemakaian bensin dan solar menimbulkan masalah kerusakan alam yang lebih besar.

Pemakaian bensin dan solar meningkatkan produksi emisi gas kaca yang menimbulkan masalah polusi udara. Pemakaian gas alam sebagai pengganti bensin dan solar bisa mengurangi polusi. Gas alam untuk bahan bakar berbagai jenis kendaraan dapat dibentuk dalam material CNG atau LNG.

BACA JUGA:Ini Obat Nyamuk Semprot yang Aman untuk Bayi, Jangan Salah Pilih!

2. Gas Alam sebagai Sumber Pembangkit Listrik
Gas alam pada dasarnya memiliki sifat yang sangat bersih bahkan lebih bersih dari sumber minyak dan batubara.

Daya pembangkit listrik yang banyak digunakan di Indonesia bersumber dari air.
Jika sumber air di bumi terus menerus dipakai maka kemungkinan juga akan berkurang. Sementara manusia juga memakai air untuk proses kehidupan yang lain. Sebagai alternatif pengganti maka gas alam bisa dijadikan sumber pembangkit listrik.

BACA JUGA:Hasilnya Bikin Kagum, Ini Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan Rambut dan Cara Mengolahnya

3. Gas Alam untuk Kesehatan Lingkungan
Sumber kehidupan manusia dipengaruhi oleh udara yang kita hirup. Kualitas udara yang buruk akan memberikan pengaruh untuk kesehatan. Sementara itu gas alam yang memiliki sifat bersih bisa mengurangi emisi dari pemakaian bahan bakar lain dalam kehidupan.

Gas alam tidak bisa menghasilkan asap sehingga sangat aman untuk kualitas udara. Proses ini telah membantu lingkungan agar selalu bersih dan aman dari berbagai jenis zat polutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: