Iklan RBTV Dalam Berita

Ini Cara Mengecek Kredit Motor Macet atau Lancar via Aplikasi dan 3 Cara Atasi Kredit Macet

 Ini Cara Mengecek Kredit Motor Macet atau Lancar via Aplikasi dan 3 Cara Atasi Kredit Macet

Cara Mengecek Kredit Motor Macet atau Lancar via Aplikasi --

Kredit macet adalah hal yang ingin dihindari mayoritas orang. Lalu, mengapa bisa terjadi? Berikut beberapa penyebab ketidakmampuan melunasi utang secara umum:

1. Utang Digunakan untuk Keperluan Konsumtif

Membeli barang atau jasa guna menaikkan status atau gaya hidup bukanlah hal bijak dalam menggunakan dana pinjaman yang telah diterima.

Umumnya, kredit macet adalah kejadian yang dialami seseorang karena alasan berikut.

Untuk menghindarinya, ingat bahwa menggunakan kredit semestinya dialokasikan pada keperluan-keperluan finansial yang bersifat produktif seperti investasi atau membangun usaha.

BACA JUGA:Merdeka Signal, Pemkab Seluma Gandeng Telkomsel Bangun Tower BTS

2. Kurang Baik dalam Pengaturan Keuangan

Mengajukan bantuan finansial mengharuskan adanya pemahaman pribadi estimasi total nominal yang dibutuhkan dan kemampuan melunasinya. 

Sebagai contoh, apabila untuk membangun usaha Anda memerlukan Rp 80 juta. Oleh karenanya, usahakan untuk meminjam tidak jauh lebih dari jumlah tersebut.

BACA JUGA:Langsung Coba! Ini Khasiat Kayu Manis dan Daun Salam Dalam Secangkir Teh

Jangan sampai Anda mengajukan pinjaman dengan batas nilai pembiayaan yang terlalu tinggi sebab apabila situasi ekonomi menjadi tidak stabil dan pemasukan terganggu, pelunasan pembayaran utang akan terhambat.

BACA JUGA:Oknum Guru Ngaji Dilaporkan Kasus Asusila, Korbannya 7 Orang Murid

Ingat bahwa lembaga keuangan selalu mengecek kapabilitas calon debiturnya dalam melunasi pinjaman.

Walau dalam kurun waktu tersebut riwayat Anda menunjukkan kemampuan, kredit macet adalah hal yang bisa terjadi kepada siapa saja sebab kurang optimalnya perencanaan keuangan sekaligus tidak terkendalinya faktor-faktor eksternal.

Maka dari itu, mengelola keuangan dengan baik adalah kunci menghindari kredit macet dan dampak-dampak tidak baik yang dimilikinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: