Iklan dempo dalam berita

Amalan Anak untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal Dunia, Meski sudah Tiada tapi Masih Bisa Berbakti

Amalan Anak untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal Dunia, Meski sudah Tiada tapi Masih Bisa Berbakti

Cara seorang anak berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal dunia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Amalan anak untuk orang tua yang sudah meninggal dunia, meski sudah tiada tapi masih bisa berbakti.

Berbakti kepada orang tua adalah kewajiban kita sebagai anak. Orang tua yang telah melahirkan, membesarkan, serta mendidik kita dengan penuh kasih sayang, pantas mendapatkan penghormatan dan bakti sepanjang hidup kita. 

Namun, berbakti kepada orang tua tidak hanya dilakukan selama mereka masih hidup, melainkan juga setelah mereka tiada. 

BACA JUGA:Apakah Anak yang Lahir di Luar Nikah Bisa Masuk Surga? Begini Penjelasannya

Perintah untuk berbakti kepada orang tua ini telah tertulis dalam Al-Quran, salah satunya dalam Surat Luqman ayat 14, yang menjelaskan betapa pentingnya peran orang tua dan kewajiban kita sebagai anak untuk menghormati dan berbakti kepada mereka.

Berbakti kepada Orang Tua dalam Al-Quran

Surat Luqman ayat 14 merupakan surat ke-31 dalam urutan mushaf Al-Quran. Ayat ini dengan jelas menyatakan perintah Allah untuk berbuat baik kepada orang tua kita. Berikut adalah bacaan Surat Luqman ayat 14:

(14) وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

Arab Latin: Wa wassainal-insāna biwālidaīh, hamalat-hu ummuhụ wahnan 'alā wahniw wa fisāluhụ fī 'āmaini anisykur lī wa liwālidaīk, ilayyal-masīr.

BACA JUGA:Ciri Anak Cerdas yang Jarang Diketahui Orang Tua serta Cara Mengembangkannya

Artinya: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu."

Selain itu, anjuran berbakti kepada kedua orang tua juga tercatat dalam Surat Luqman ayat 15 yang berbunyi:

Artinya: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) terhadap kedua orang tuanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah, bahkan menyusukan pula selama kurang lebih dua tahun. Maka dari itu bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu, hanya kepada-Ku sajalah tempat kamu kembali."

BACA JUGA:Hukum dan Ciri Istri yang Wajib Diceraikan Menurut Islam, Apa Alasannya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: