Iklan dempo dalam berita

Warga Jabar Wajib Tahu! Begini Loh Cara Cek Pajak Motor Via Online untuk Wilayah Jawa Barat

Warga Jabar Wajib Tahu! Begini Loh Cara Cek Pajak Motor  Via Online untuk Wilayah Jawa Barat

Cara Cek Pajak Motor Online untuk Jawa Barat--

2. Mengecek PKB melalui Website Bapenda Jabar
Selain melalui Sambara di aplikasi Sapawarga, wajib pajak juga dapat melakukan pengecekan nominal PKB melalui website Bapenda Jabar.

Wajib pajak cukup membuka laman website https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb dan memasukkan nopol kendaraan, memilih warna TNKB, serta memasukkan kode captcha untuk mendapatkan informasi PKB.

Situs ini dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi pajak kendaraan mereka tanpa harus meninggalkan rumah.

BACA JUGA:Tersedia 3 Fasilitas Gratis Bagi Wajib Pajak, Kapan Jadwal Pemutihan Pajak 2024 Bekasi?

Pentingnya PKB untuk Pembangunan Daerah

Pembangunan daerah merupakan pembangunan yang berlangsung secara terus-menerus dan berkesinambungan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Agar dapat mewujudkan tujuan tersebut, pemerintah daerah memerlukan dana dari dalam negeri berupa pajak.

Jawa Barat, sebagai salah satu provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia, memiliki jumlah kendaraan bermotor yang sangat besar.

Per September 2016, jumlah kendaraan bermotor di Jawa Barat mencapai 15.750.624 unit dengan 13.447.117 unit di antaranya adalah kendaraan roda dua. Ini menunjukkan betapa besar potensi penerimaan pajak dari sektor ini.

Undang-Undang Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah menyebutkan bahwa pengertian kendaraan bermotor adalah semua kendaraan beroda beserta gandengannya yang digunakan di semua jenis jalan darat, dan digerakkan oleh peralatan teknik berupa motor atau peralatan lainnya yang berfungsi untuk mengubah suatu sumber daya energi tertentu menjadi tenaga gerak kendaraan bermotor yang bersangkutan, termasuk alat-alat berat dan alat-alat besar yang dalam operasinya menggunakan roda dan motor dan tidak melekat secara permanen serta kendaraan bermotor yang dioperasikan di air.

Atas kepemilikan dan atau penguasaan kendaraan bermotor maka masyarakat akan dikenai pajak berupa pajak kendaraan bermotor (PKB).

BACA JUGA:Kapan Warga Depok Mendapatkan Program Pemutihan Pajak Kendaraan 2024? Banyak Warga Sudah Menunggu

Manfaat PKB Bagi Daerah

PKB merupakan satu dari lima jenis pajak yang termasuk ke dalam pajak provinsi dan merupakan sumber pendapatan daerah yang penting untuk membiayai pemerintahan daerah dan juga pembangunan daerah.

Ada lima manfaat PKB bagi daerah:

1. Sumber Pendapatan Daerah
PKB merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang signifikan. Pendapatan ini digunakan untuk mendanai berbagai program pemerintah daerah yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: