Iklan dempo dalam berita

Ingat! Tanaman Ini Tidak Boleh Dimakan Kambing, Kenali Dampak Buruknya

Ingat! Tanaman Ini Tidak Boleh Dimakan Kambing, Kenali Dampak Buruknya

Tanaman yang Tidak Boleh Dimakan Kambing--

Hal ini disebabkan karena tanaman ini dapat meracuni darah. Tanaman jarak memiliki biji yang ampasnya banyak mengandung racun yang disebut risin. Apabila pakan kambing tidak sengaja tercampur bahan yang mengandung risin maka akan kejang-kejang yang kemudian bisa menyebabkan kematian.

BACA JUGA:Tawarkan Pinjaman Tanpa Bunga! Ini Cara serta Syarat Pinjaman di BSI, Solusi Kebutuhan Mendesak

3. Daun Lamtoro
Daun lamtoro sebenarnya masih sering dijadikan pakan kambing terutama untuk penggemukan karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Daun ini sendiri memiliki kandungan protein kasar sebesar 34,4%.

Namun juga memiliki kadar mimosin sebesar 7.29%. Kandungan inilah yang dapat menyebabkan keracunan. Beberapa peternak juga mengatakan daun lamtoro dapat menyebabkan kambing menjadi kembung.

Sehingga bagi sebagian peternak menjadikannya jenis daun yang tidak boleh dimakan kambing.
Untuk mengatasi masalah ini, daun lamtoro bisa dikeringkan atau direndam dalam air panas terlebih dahulu untuk mengurangi kadar racunnya. Daun lamtoro juga bisa dijadikan dalam bentuk pellet.

BACA JUGA:Kenapa 4 Jenis Tanaman Ini Menurut Islam Tidak Boleh Ditanam Depan Rumah

Meski ada beberapa jenis tanaman atau daun yang tidak boleh dimakan kambing, namun dengan pengolahan yang tepat, maka masih bisa dijadikan pakan. Banyak juga pakan hijaunan yang lain yang bisa dijadikan pakan seperti  misal semua jenis rumput-rumputan.

Dampak Negatif dari Mengonsumsi Daun yang Tidak Boleh Dimakan Kambing

Mengonsumsi daun atau tanaman beracun dapat memberikan dampak negatif yang serius pada kesehatan kambing. Beberapa efek yang mungkin timbul meliputi:

1. Gangguan Pencernaan: Salah satu tanda pertama keracunan adalah gangguan pencernaan, seperti diare atau sembelit, yang mungkin disertai dengan nyeri atau kembung.

2. Kesulitan Bernapas: Beberapa tanaman beracun dapat mempengaruhi sistem pernapasan kambing, menyebabkan kesulitan bernapas atau bahkan asfiksia.

3. Kerusakan Organ: Tanaman seperti ragwort dapat menyebabkan kerusakan hati, sementara tanaman lain mungkin berdampak pada ginjal atau organ lainnya.

4. Perilaku Tidak Biasa: Kambing yang mengonsumsi tanaman beracun mungkin menunjukkan perilaku yang tidak biasa, seperti gelisah, depresi, atau agresi.

5. Kematian: Dalam kasus yang parah, keracunan dari tanaman beracun bisa menyebabkan kematian mendadak pada kambing.

BACA JUGA:Pemilik Mobil Perlu Tahu, Segini Biaya Mutasi dan Balik Nama Mobil 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: