Iklan dempo dalam berita

Dana Desa Kabupaten Karimun Tahun 2024, Total Rp 36 Miliar, Ini Rinciannya per Desa

Dana Desa Kabupaten Karimun Tahun 2024, Total Rp 36 Miliar, Ini Rinciannya per Desa

Rincian dana desa di Kabupaten Karimun tahun 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Dana desa Kabupaten Karimun tahun 2024, total Rp 36 miliar, ini rinciannya per desa.

Penyusunan APBDes bertujuan untuk mengatur pengelolaan keuangan desa, termasuk alokasi dana untuk kegiatan-kegiatan pembangunan, pemeliharaan infrastruktur, serta pelayanan publik lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat desa. 

Salah satu komponen penting dalam APBDes adalah Dana Desa, yang merupakan dana yang bersumber dari APBN dan diperuntukkan bagi desa. 

BACA JUGA:Dana Desa di Kabupaten Lampung Tengah Capai Rp 310 Miliar untuk 301 Desa, Segini Rinciannya

Dana ini ditransfer melalui APBD kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

Dana Desa merupakan salah satu bentuk pemasukan desa yang diatur dalam berbagai peraturan perundang-undangan. 

Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan. 

Dana Desa telah berkontribusi besar dalam pembangunan infrastruktur seperti jalan desa, jembatan, pasar desa, kegiatan BUM Desa, dermaga perahu, kolam, irigasi, dan lainnya. 

Selain itu, Dana Desa juga digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pembangunan fasilitas olahraga, air bersih, fasilitas mandi-cuci-kakus, dan lain-lain.

Kabupaten Karimun, yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia, merupakan salah satu kabupaten yang menerima alokasi Dana Desa. Ibu kota Kabupaten Karimun adalah Tanjung Balai Karimun. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 7.984 km², dengan luas daratan 1.524 km² dan luas lautan 6.460 km². 

BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Bangka Tahun 2024, Naik 10 Persen, Ini Pembagian per Desanya

Kabupaten Karimun terdiri dari 198 pulau dengan 67 di antaranya berpenghuni. Batas wilayah Kabupaten Karimun meliputi dua negara tetangga, yaitu Singapura dan Malaysia, serta berbatasan langsung dengan Kota Batam dan Kabupaten Bintan.

Wilayah Kabupaten Karimun relatif datar dan landai, dengan ketinggian 2-500 meter di atas permukaan laut. 

Sebagian wilayah Kabupaten Karimun merupakan pegunungan atau perbukitan dengan kemiringan 40 derajat dan ketinggian 20-500 meter di atas permukaan laut, yang terdapat di utara Pulau Karimun. Kabupaten Karimun memiliki 14 kecamatan, 29 kelurahan, dan 42 desa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: