Iklan dempo dalam berita

2 Aturan yang Diterbitkan OJK untuk Penguatan Bank Perekonomian Rakyat dan Bank Perekonomian Rakyat Syariah

2 Aturan yang Diterbitkan OJK untuk Penguatan Bank Perekonomian Rakyat dan Bank Perekonomian Rakyat Syariah

2 Aturan yang Diterbitkan OJK untuk Penguatan Bank Perekonomian Rakyat dan Bank Perekonomian Rakyat Syariah--

Dalam menjalankan tugas pengawasan bank, OJK melaksanakan sistem pengawasan dengan menggunakan dua pendekatan, yaitu pengawasan berdasarkan kepatuhan dan pengawasan berdasarkan risiko, membentuk sistem

informasi perbankan dalam membantu tugas pengawasan bank, melaksanakan investigasi perbankan, serta melakukan penyidikan perbankan.

BACA JUGA:Pinjaman Rp 100 Juta Berapa Cicilan Per Bulannya? Ini Tabel Angsuran KUR BRI 2024

Proses Pengawasan yang dilakukan oleh Pengawas Otoritas Jasa Keuangan terhadap kegiatan yang dilakukan oleh BPR memiliki tahapan atau proses yang harus dilakukan secara berurutan. 

Proses tersebut dimulai dengan tahapan mempersiapkan tim dan merencanakan pengawasan, melakukan pengawasan atas laporan-laporan yang dikirim oleh BPR, melakukan pemeriksaan langsung di lokasi BPR berada, serta menentukan status BPR berdasarkan hasil evaluasi dari pengawasan yang dilakukan. 

BACA JUGA:Modal Terjangkau! Begini Cara Bisnis Rongsokan Botol Plastik, Pasti Untung

Hal ini sejalan dengan yang dinyatakan oleh Pengawas Bank di Otoritas Jasa Keuangan Malang yang.

“Kalau tahapan kita dari awal pasti membentuk tim pengawasan ya, seperti tadi kita sesuaikan lagi dengan kondisi BPR pada priode lalu. Kita tetapkan strategi atau langkah-langkah, kan beda ya kalo kita ngawasin BPR yang normal dengan BPR yang kondisinya harus ada perhatian lebih. 

BACA JUGA:Begini Cara Mulai Bisnis jadi Pengepul Barang Bekas, Sangat Efektif Bagi Pemula

Kemudian kita jalankan pengawasan rutin dengan memeriksa laporan-laporan yang dikirimkan oleh BPR, nanti kita analisis tingkat kesehatannya, nah berdasarkan hasil laporan tadi kita juga melakukan pemeriksaan secara langsung, nanti dari pemeriksaan ada namanaya LHP atau laporan hasil pemeriksaan tadi. 

Kalau sudah selesai semua baru nanti di akhir ada penentuan status BPR, kalau memanng berada dalam pengawasan intensif atau khusus itu kita tentuin lagi nanti gimana tindaklanjutnya” 

BACA JUGA:Begini Cara Mulai Bisnis jadi Pengepul Barang Bekas, Sangat Efektif Bagi Pemula

(PB) Hasil pengawasan Bank Perkreditan Rakyat didapatkan dengan menelaah laporan berkala yang dikirimkan oleh BPR melalui pengawasan tidak langsung (off-site supervision). 

Hasil laporan tadi digunakan oleh pengawas untuk menilai tingkat kesehatan bank, tata kelola bank, kelembagaan bank, rencana bisnis bank, serta laporan lain yang berkaitan dengan kegiatan usaha bank. 

BACA JUGA:Peluang Usaha! Ini Modal Usaha Jualan Roti Bakar Pinggir Jalan, Dijamin Untung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: