Iklan dempo dalam berita

Sederet Fakta Sumpah Pocong dan Sejarahnya, Kini Heboh Dilakukan Oleh Saka Tatal

Sederet Fakta Sumpah Pocong dan Sejarahnya, Kini Heboh Dilakukan Oleh Saka Tatal

Sederet Fakta Sumpah Pocong dan Sejarahnya, Kini Heboh Dilakukan Oleh Saka Tatal--Foto: ist

Kasusnya biasanya tidak bisa dibuktikan, misalnya kasus santet, sihir, fitnah besar, serta kejadian-kejadian yang tidak ada buktinya. Sumpah pocong dipilih sebagai jalan terakhir yang hakimnya adalah Tuhan sendiri.

BACA JUGA:Alhamdulillah! Pegi Setiawan Menang Sidang Putusan Praperadilan, Batal Jadi Tersangka Kasus Vina Cirebon

3. Pelaksanaan Sumpah Pocong

Ada 3 hal yang harus dipersiapkan dalam pelaksanaan salah satu ritual klenik ini. Pertama adalah kain kafan atau mori, kemudian saksi, dan yang terakhir adalah sumpahnya.

Orang yang hendak melakukan sumpah pocong ini akan diperlakukan seperti mayat. Mulai dari dimandikan, sampai akhirnya dibalut dengan kain kafan.

Si pesumpah akan dibimbing seorang tokoh untuk mengucapkan apa yang perlu dikatakan. Tidak hanya sumpah saja, tapi juga deretan risiko yang akan ditanggungnya jika berbohong, yakni mati, sakit parah, miskin tujuh turunan, dan sebagainya.

BACA JUGA:Kok Produser Film Vina Sebelum 7 Hari Dilaporkan ke Polisi, Ada Apa?

4. Dampak Mengerikan Sumpah Pocong

Tidak hanya prosesinya, hal yang menarik soal sumpah pocong ini adalah dampaknya yang mengerikan. Menurut kepercayaan, barang siapa berbohong dalam ritual sumpah pocong itu, maka bakal langsung terkena azab dari apa yang diucapkannya.

Banyak yang percaya jika sumpah pocong ini sangatlah besar risikonya. Makanya, hanya orang-orang yang benar-benar berani saja yang mau melakukannya.

Sumpah Pocong Saka Tatal dan Iptu Rudiana.

Mantan terpidana kasus pembunuhan Vina Cirebon, Saka Tatal menjalani sumpah pocong atas respons dari ayah mendiang Eky, Iptu Rudiana.

Keduanya terlibat dalam kontroversi terkait kasus Vina Cirebon yang belum menemukan titik terang.

Prosesi sumpah pocong ini melibatkan Saka Tatal dan Iptu Rudiana di Padepokan Amparan Jati Cirebon setelah shalat Jumat (9/8/2024).

BACA JUGA:Disutradarai Anggy Umbara, Film Vina Sebelum 7 Hari Tembus 5 Juta Penonton, Segini Penghasilanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: