Iklan RBTV Dalam Berita

Orang Tua Wajib Tahu! Begini Cara Mencegah Anak Ikut Geng Motor

Orang Tua Wajib Tahu! Begini Cara Mencegah Anak Ikut Geng Motor

Cara Mencegah Anak Ikut Geng Motor --

5. Tindak pidana narkotika

6. Pemerkosaan

Dengan banyaknya tindakan kriminal ini, peran orang tua dalam pencegahan menjadi sangat krusial. Berikut in cara mencegah anak ikut geng motor menurut psikolog:

BACA JUGA:Seleksi PPPK 2024 Dibuka, Kabupaten Seluma Sediakan 1.204 Formasi, Ini Rinciannya

Menjadi Panutan yang Baik

Menurut Psikolog Jane Cindy MPsi Psi, salah satu langkah penting untuk mencegah remaja terlibat dalam geng motor adalah orang tua harus menjadi panutan atau "role model" yang baik.

“Orang tua perlu menerapkan pola komunikasi yang baik dan kualitas hubungan yang positif dengan anak,” ujar Jane.

Ketika orang tua menunjukkan perilaku yang baik, anak akan cenderung meniru dan mengadopsi nilai-nilai positif tersebut.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Buka Seleksi PPPK 2024, Cek Formasi yang Disediakan

Mendorong Kegiatan Positif

Selain menjadi contoh yang baik, orang tua juga disarankan untuk mendorong anak-anak mereka terlibat dalam kegiatan organisasi yang positif.

Kegiatan seperti ekstrakurikuler di sekolah, olahraga, atau komunitas seni dapat menjadi alternatif yang menarik bagi anak.

Dengan terlibat dalam kegiatan ini, anak tidak hanya akan mengembangkan keterampilan baru tetapi juga membangun jaringan pertemanan yang sehat.

BACA JUGA:Pertamina Sah Turunkan Harga BBM Mulai Hari Ini! Lantas Berapa Harga BBM di Non Pertamina?

Konsultasi dengan Tenaga Profesional

Jika anak sudah terlanjur menjadi anggota geng motor, Jane merekomendasikan agar orang tua membawa anaknya berkonsultasi dengan tenaga profesional, seperti psikolog.

“Penerimaan dari kedua orang tua terhadap kondisi yang dialami anak serta langkah selanjutnya adalah dengan memperbaiki pola komunikasi dan kualitas hubungan antara orang tua dengan anak,” jelasnya.

Pendekatan ini akan membantu orang tua memahami masalah yang dihadapi anak dan menentukan langkah-langkah untuk memperbaiki situasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: