Iklan RBTV Dalam Berita

Manfaat Tak Terduga Tuak untuk Meredakan Asam Lambung, Mitos atau Fakta?

Manfaat Tak Terduga Tuak untuk Meredakan Asam Lambung, Mitos atau Fakta?

Manfaat tuak untuk asam lambung--

Tuak dan Asam Lambung

Berdasarkan yang dikutip dari rri.co.id, tuak memiliki potensi untuk menetralkan asam lambung. Kandungan nira dalam tuak diyakini dapat membantu meredakan gejala asam lambung jika dikonsumsi dalam takaran yang tepat. 

Namun, ini bukan tanpa risiko. Mengingat tuak mengandung alkohol, bagi penderita asam lambung, konsumsi alkohol umumnya sangat dianjurkan untuk dihindari.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Alcohol and Alcoholism menunjukkan bahwa ada hubungan antara konsumsi alkohol dengan peningkatan risiko terjadinya masalah asam lambung. 

BACA JUGA:5 Manfaat Tuak Lontar untuk Kesehatan, Nomor 2 Belum Banyak yang Tahu

Penggunaan alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada mukosa esofagus, di mana asetaldehid yang dihasilkan dari metabolisme alkohol dapat mempengaruhi fungsi kerongkongan dan lambung.

Hal ini menunjukkan bahwa meskipun ada potensi manfaat, konsumsi tuak harus sangat diperhatikan, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat masalah asam lambung.

BACA JUGA:Mengenal 4 Manfaat Tuak Kelapa untuk Kesehatan, Begini Proses Pembuatannya

Hal yang Perlu Diperhatikan

Penting untuk diingat bahwa meskipun ada manfaat, tidak semua orang bisa mendapatkan efek positif dari tuak, terutama bagi penderita asam lambung. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

- Kadar Alkohol

Penderita asam lambung harus sangat berhati-hati dengan kadar alkohol dalam tuak. Mengonsumsi alkohol dapat memperburuk kondisi lambung.

- Aturan Konsumsi

Jika Anda ingin mencoba tuak sebagai solusi, lakukan dalam takaran kecil dan perhatikan reaksi tubuh. Jika muncul gejala, sebaiknya hentikan konsumsi.

- Alternatif Lain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: