Iklan RBTV Dalam Berita

Prediksi Awal Musim Hujan di Lamongan, Jawa Timur, Kapan Puncaknya?

Prediksi Awal Musim Hujan di Lamongan, Jawa Timur, Kapan Puncaknya?

Prediksi Cuaca BMKG--

2. Persiapan Pakaian

Menghadapi musim hujan, sebaiknya menggunakan pakaian hangat dan kering. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan payung atau jas hujan agar tetap terlindungi dari hujan yang tiba-tiba.

3. Persiapan Rumah

Pastikan rumah dalam keadaan bersih, terutama saluran air, selokan, dan tempat-tempat lain yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Pembersihan secara rutin dapat membantu mencegah munculnya penyakit yang sering terjadi pada musim hujan.

BACA JUGA:Peringatan Dini Cuaca, Berikut 12 Provinsi Waspada Bencana Hidrometeorologi Selasa 8 Oktober

4. Persiapan Kendaraan

Kendaraan juga perlu mendapatkan perhatian khusus. Pastikan kondisi ban dan rem dalam keadaan baik. Lakukan servis di bengkel secara rutin dan ganti oli sesuai jadwal agar kendaraan tetap dalam kondisi prima saat dibutuhkan.

5. Persiapan Lingkungan

Membersihkan sungai dan selokan merupakan langkah penting untuk mengurangi risiko banjir. Selain itu, membuat lubang biopori dan sumur resapan, serta menanam lebih banyak pohon atau tanaman, dapat membantu menjaga keseimbangan ekosistem dan mengurangi dampak negatif dari curah hujan yang tinggi.

BACA JUGA:Ada yang Aneh, Siswa SMKN 2 Bengkulu Tengah yang Pakai Motor Knalpot Brong Rela Hancurkan Knalpot, Ada Apa?

6. Persiapan Obat-obatan

Menyiapkan obat-obatan dan perlengkapan P3K sangat dianjurkan, terutama saat musim hujan di mana risiko penyakit meningkat, seperti demam berdarah, leptospirosis, dan infeksi saluran pernapasan. Pastikan obat-obatan yang sering digunakan tersedia dan dalam kondisi baik.

7. Persiapan Kelengkapan

Siapkan perlengkapan anti air seperti pakaian dan sepatu yang tahan air. Sarung sepatu, sandal jepit, dan pakaian ganti juga perlu disiapkan agar tetap nyaman saat berada di luar rumah dalam kondisi hujan.

Dengan melakukan berbagai persiapan tersebut, masyarakat Lamongan dan sekitarnya dapat menghadapi musim hujan dengan lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: