Iklan RBTV Dalam Berita

Potensi Cuaca Ekstrem, Ini Prediksi Musim Hujan di Mojokerto 2024 dari BMKG

Potensi Cuaca Ekstrem, Ini Prediksi Musim Hujan di Mojokerto 2024 dari BMKG

Prediksi Cuaca BMKG--

Sementara itu, pada dasarian kedua, hampir seluruh kecamatan di Kota dan Kabupaten Mojokerto akan mengalami hujan secara bertahap.

"Potensi cuaca berawan hingga hujan lokal selama sepekan ke depan diprakirakan juga akan meningkat," ungkap Shanas

BACA JUGA:Sebagian Daerah Mulai Merasakan Hujan, Kapan Musim Hujan di Jombang 2024 Turun?

Namun, peralihan menuju musim hujan ini tidak lepas dari risiko cuaca ekstrem. BMKG mengingatkan bahwa selama periode ini, masyarakat harus tetap waspada terhadap kemungkinan cuaca buruk, seperti hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Di kawasan pegunungan, peningkatan potensi longsor menjadi ancaman yang nyata, sementara di daerah dataran rendah, risiko banjir kiriman atau luapan dapat meningkat. Dalam konteks ini, BMKG mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

Masyarakat diharapkan untuk tidak berteduh di bawah pohon atau reklame saat hujan deras, serta pengguna jalan diimbau untuk berhenti sejenak jika visibilitas terhalang oleh hujan.

"Kami mengimbau agar masyarakat menyiapkan diri atau langkah antisipatif ketika ada potensi bencana hidrometeorologi selama memasuki awal musim hujan ini," tegas Shanas.

BACA JUGA:Dini Hari, Rumah di Arga Makmur Terbakar, Ini Penyebabnya

Penekanan pada kewaspadaan ini sangat penting untuk mengurangi risiko kecelakaan atau bencana yang mungkin terjadi.

Untuk menghadapi cuaca hujan ekstrem, masyarakat di Mojokerto perlu mempersiapkan diri dengan berbagai langkah antisipatif. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa diambil:

1. Siapkan Perlengkapan Musim Hujan

Mempersiapkan perlengkapan seperti payung, jas hujan, jaket, sarung sepatu, sandal jepit, pakaian ganti, tisu, dan kanebo adalah langkah awal yang sangat penting.

Dengan perlengkapan yang memadai, masyarakat dapat lebih nyaman menjalani aktivitas sehari-hari meskipun dalam kondisi cuaca yang tidak menentu.

BACA JUGA:Sebagian Daerah Mulai Merasakan Hujan, Kapan Musim Hujan di Jombang 2024 Turun?

2. Update Informasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: