Iklan RBTV Dalam Berita

30 Contoh Soal PPPK Teknis Pranata Hubungan Masyarakat dan Lengkap dengan Kunci Jawaban

30 Contoh Soal PPPK Teknis Pranata Hubungan Masyarakat dan Lengkap dengan Kunci Jawaban

Contoh soal PPPK Teknis Pranata Hubungan Masyarakat--

NASIONAL, RBTVCAMKKOHA.COM – 30 contoh soal PPPK Teknis Pranata Hubungan Masyarakat dan jawabannya. Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja dapat memanfaatkannya untuk latihan soal PPPK Pranata Humas menjelang tes kompetensi.

BACA JUGA:Contoh Soal PPPK Teknis Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Lengkap Kunci Jawaban, Pelajari Biar Lolos Seleksi

Ujian ini menitikberatkan pada kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan strategi komunikasi yang efektif untuk mendukung kepentingan organisasi atau lembaga publik.
Tugas Humas Ahli Pertama adalah melaksanakan pelayanan informasi dan kehumasan. Ini meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan hubungan internal dan eksternal, dan audit komunikasi kehumasan. 
Kompetensi untuk melakukan tugas-tugas itu akan diuji melalui soal PPPK Pranata Hubungan Masyarakat.

BACA JUGA:Referensi Belajar, Ini Contoh Soal PPPK Teknis Analisis Sumber Daya Manusia Aparatur Lengkap Jawabannya

Berikut ini kumpulan contoh soal PPPK Pranata Humas dan jawabannya untuk bahan belajar menjelang tes kompetensi:

1. Prinsip yang menuntut praktisi humas menghormati hak masyarakat guna memperoleh informasi yang benar, jujur, dan tidak diskriminatif disebut …

A. Keterbukaan

B. Objektif

C. Jujur

D. Tepat Janji

E. Etis

Jawaban: A.

2. Pelayanan informasi dan kehumasan di Jabatan Fungsional Pranata Humas meliputi …

A. Hubungan eksternal, audit komunikasi, pengembangan pelayanan

B. Audit komunikasi, pengembangan pelayanan, karya ilmiah

C. Pelayanan informasi, audit komunikasi, pengembangan pelayanan

D. Perencanaan, hubungan eksternal, pelayanan informasi

E. Penyusunan buku pedoman, perencanaan, hubungan eksternal

Jawaban: C.

3. Jika pranata humas menyusun karya ilmiah bersama dua penulis, maka penulis utama diberikan angka kredit sebesar …

A. 60%

B. 40%

C. 50%

D. 25%

E. 20%

Jawaban: A.

BACA JUGA:Kumpulan Contoh Soal PPPK Teknis Analisis Kebijakan Ahli Pertama, Peluang Lolos Jadi ASN

4. Kamera SLR memiliki prinsip kerja berikut, kecuali …

A. Cahaya masuk melalui lensa

B. Cahaya dipantulkan melalui cermin ke pentaprisma

C. Cermin menutup dan rana membuka sesuai pengaturan kecepatan

D. Cahaya yang masuk direkam pada film

E. Kamera harus dirawat agar tetap bersih

Jawaban: E.

5. Proses penyampaian informasi kepada khalayak dengan karakteristik tertentu adalah definisi dari...

A. Media Massa

B. Komunikasi Massa

C. Interaksi Massa

D. Situasi Massa

E. Pengendalian Massa

Jawaban: B.

6. Berikut ini yang bukan merupakan organisasi profesi terkait humas adalah …

A. Perhumas

B. IPRA

C. FAPRO

D. PRSA

E. IFI

Jawaban: E.

BACA JUGA:Persiapan Tes, Ini 27 Contoh Soal PPPK Teknis Arsiparis Ahli Pertama Lengkap Kunci Jawaban

7. Fungsi lembaga humas pemerintah yang bertujuan menciptakan hubungan harmonis dengan publik untuk membangun citra dan reputasi positif disebut …

A. Humas Pemerintah

B. Tata Kelola Kehumasan

C. Kode Etik Humas

D. Praktisi Humas

E. Promosi Pencitraan

Jawaban: A

8. Siapakah pengirim pesan dalam proses komunikasi?

A. Komunikator

B. Receiver

C. Komunikan

D. Komunikasi

E. Channel

Jawaban: A

9. Setiap komunikasi untuk membangun kemitraan, sumber daya intelektual, dan mempromosikan gagasan, produk, layanan, atau organisasi dalam rangka menciptakan nilai bagi bisnis disebut …

A. Transmisi

B. Komunikasi nonverbal

C. Komunikasi verbal

D. Komunikasi bisnis

E. Respons

Jawaban: D

BACA JUGA:26 Contoh Soal PPPK Teknis Pranata Komputer untuk Referensi Belajar, Yuk Latihan

10. Komunikasi yang disampaikan melalui lisan atau tulisan disebut …

A. Komunikasi verbal

B. Komunikasi nonverbal

C. Komunikasi internal

D. Komunikasi eksternal

E. Komunikasi personal

Jawaban: A

11. Prinsip dalam etika komunikasi yang meliputi kejujuran, kehormatan, dan keyakinan untuk bertindak dikenal sebagai …

A. Jujur

B. Setia

C. Integritas

D. Adil

E. Memegang janji

Jawaban: C

12. Siapa yang menyatakan bahwa komunikasi adalah proses interaksi atau hubungan yang saling memahami di antara manusia?

A. Mc.Farland

B. Colin Cherry

C. Harword

D. Murphy

E. Lexicographer

Jawaban: A

BACA JUGA:22 Contoh Soal PPPK Teknis Operator Layanan Operasional, Peluang Lolos Seleksi

13. Berikut ini yang bukan termasuk jenis feedback dari penerima pesan adalah…

A. Zero feedback

B. Positive feedback

C. Neutral

D. Negative

E. Netral

Jawaban: E

14. Menyebarkan pengetahuan sesuai dengan nilai-nilai yang ada merupakan pengertian dari …

A. Integritas

B. Motivasi

C. Kreativitas

D. Sosialisasi

E. Adaptasi

Jawaban: D

15. Tahapan dalam proses komunikasi mencakup …

A. Internal & Eksternal

B. Sekunder & Primer

C. Incoding & Decoding

D. Sementara & Selamanya

E. Formal & Nonformal

Jawaban: B

BACA JUGA:20 Contoh Soal PPPK Teknis SMA/SMK, Pas Buat Latihan di Rumah

16. Simbol yang menggunakan pendengaran (telinga) dalam komunikasi termasuk jenis lambang …

A. Gambar

B. Warna

C. Gerak

D. Huruf

E. Suara

Jawaban: E

17. Penggunaan bahasa kiasan yang memiliki banyak arti sehingga dapat menimbulkan kesalahpahaman pada penerima pesan merupakan contoh hambatan komunikasi …

A. Media

B. Penyandian

C. Memberikan balikan

D. Penerima pesan

E. Pengirim pesan

Jawaban: B

18. Berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan untuk meraih kesuksesan di tempat kerja, kecuali …

A. Cerdas mengatasi semua hambatan komunikasi

B. Mampu meningkatkan prasangka negatif

C. Berprasangka positif

D. Mendorong umpan balik untuk komunikasi yang baik

E. Mampu beradaptasi secara efektif dengan suasana kerja dan politik kantor

Jawaban: B

BACA JUGA:Kumpulan Contoh Soal PPPK Teknis Administrasi Perkantoran Lengkap Kunci Jawabannya, Ayo Belajar!

19. Menurut Cutlip dan Center terdapat 4 tahapan yang menggambarkan proses dari public relations. Berikut ini merupakan tahapan-tahapan tersebut, kecuali...

A. Fact Finding

B. Evaluation

C. Constructing

D. Planning

E. Communication

Jawaban: C

20. Seorang praktisi humas tetap menghormati dan menghargai kliennya sekalipun kliennya berbeda ras, agama, dan suku. Sikap praktisi humas tersebut mencerminkan nilai kode etik profesi...

A. Code of Profession

B. Code of Publication

C. Code of Conduct

D. Code of Enterprise

E. Code of Personality

Jawaban: D

21. Peserta rapat yang memiliki sifat penuh pengertian, sabar, toleransi yang tinggi, dan berjiwa besar merupakan peserta rapat dengan tipe ...

A. Otoriter

B. Pendengar

C. Pemersatu

D. Penyerang

E. Inisiatif

Jawaban: C

22. Pengendalian rapat yang memberikan kesempatan secara bebas kepada para peserta rapat untuk mengemukakan pendapatnya secara bergantian disebut pengendalian secara....

A. Bebas

B. Bebas Terbatas

C. Bebas Ketat

D. Ketat

E. Gabungan

Jawaban: B

BACA JUGA:Syarat dan Peluang Honorer Non Database untuk Diangkat PPPK 2024

23. Berikut ini yang merupakan bahan rapat adalah...

A. Map Snelhecter

B. ATK

C. Notula rapat yang lalu

D. Agenda kerja

E. Block note

Jawaban: C

24. Berikut ini yang bukan termasuk kelengkapan upacara adalah...

A. Inspektur Upacara

B. Perwira Upacara

C. Komandan Upacara

D. Peserta Upacara

E. Podium

Jawaban: E

25. Mengubah informasi menjadi bentuk yang dapat diterima oleh penerima pesan adalah...

A. encoding

B. Decoding

C. Decoding-Encoding

D. Prosiding

E. Messaging

Jawaban: E

BACA JUGA:14 Penyebab Peserta Sering Gagal Seleksi Administrasi PPPK, Pelamar Tahap 2 Wajib Tahu

26. Dalam teori komunikasi, pesan dapat berupa...

A. Langsung dan tidak langsung

B. Baik dan buruk

C. Verbal dan non-verbal

D. Jelas dan tidak jelas

E. Kompleks dan sederhana

Jawaban: C

28. Komunikasi yang terjadi antara dua orang yang memiliki hubungan jelas terhubung lewat pelbagai cara adalah definisi dari...

A. Komunikasi personal

B. Komunikasi massa

C. Komunikasi verbal

D. Komunikasi interpersonal

E. Komunikasi dua arah

Jawaban: D

29. Berita hardnews lebih tepat ditulis dengan menggunakan struktur...

A. Piramida tegak

B. Piramida terbalik

C. Features

D. Deskriptif

E. Pendek

Jawaban: B

30. Lembaga yang berwenang menyelesaikan sengketa pers di Indonesia adalah...

A. Pengadilan

B. Dewan Pers

C. Kepolisian

D. Kementerian Kominfo

E. PWI

Jawaban: B

BACA JUGA:Perhatikan, Ini Contoh Soal Wawancara PPPK Teknis 2024

Itulah informasi mengenai contoh soal PPPK Teknis Pranata Hubungan Masyarakat dan jawabannya! Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: