Iklan dempo dalam berita

Asuransi Syariah, Ini Hukumnya dalam Islam Menurut Fatwa MUI dan Al Quran

Asuransi Syariah, Ini Hukumnya dalam Islam Menurut Fatwa MUI dan Al Quran

Asuransi Syariah, Ini Hukumnya dalam Islam Menurut Fatwa MUI dan Al Quran--

 

5. Bagian dari Bermuamalah

 

Manusia tidak akan pernah lepas dari muamalah. Menurut MUI, asuransi juga termasuk merupakan bagian dari bermuamalah karena melibatkan orang lain dalam hal finansial. Aturan dari muamalah ini harus disesuaikan dengan syariat Islam.

 

6. Musyawarah Asuransi

 

MUI menegaskan bahwa jika  salah  satu  pihak  tidak  menunaikan  kewajiban  atau  jika terjadi  perselisihan  dalam proses asuransi,  maka  akan diselesaikan melalui Badan   Arbitrase   Syariah   jika diantara keduanya tidak ditemukan musyawarah mufakat.

 

Hukum Asuransi dalam Islam Sesuai Al Quran

Meskipun tidak tertulis secara eksplisit dalam Al Quran, namun terdapat 3 dasar hukum asuransi dalam Islam yang terdapat pada Quran dan Hadis beserta dalilnya, yaitu:

 

- Surat Al Maidah ayat 2 yang berbunyi “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.” 

 

- Surat An Nisaa ayat 9 yang berbunyi “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah yang mereka khawatir terhadap mereka.” 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: