Kapolda Papua Komjen Pol Mathius D Fakhiri Mundur dari Polri, Ini Sosoknya

Kamis 29-08-2024,09:27 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

Setelah menamatkan pendidikan menengah, Mathius melanjutkan pendidikannya di Akademi Kepolisian (AKPOL) dan lulus pada tahun 1990.

Karirnya di kepolisian dimulai di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, kemudian dilanjutkan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Di sinilah ia bertemu dengan istrinya, Rafatul Mulkiyah, dan dikaruniai empat orang anak.

Selama bertugas di berbagai daerah, Mathius terus menunjukkan dedikasinya dalam berbagai penugasan, mulai dari Jayapura, Kaimana, hingga Jakarta.

BACA JUGA:AHM Tanam Ribuan Pohon, Perkuat Penyerapan Karbon untuk Mitigasi Perubahan Iklim

Pada tahun 2020, ia diangkat menjadi Wakapolda Papua Barat dan Papua, sebelum akhirnya menjabat sebagai Kapolda Papua sejak 18 Februari 2021.

Riwayat Pendidikan dan Jabatan

Mathius memiliki riwayat pendidikan yang gemilang, baik di bidang kepolisian maupun militer. Selain menamatkan pendidikan di Akpol, ia juga menyelesaikan pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK/PTIK) pada tahun 2001, Sespim Polri pada tahun 2005, dan Sesko TNI pada tahun 2018.

Dalam karirnya, ia pernah menjabat di berbagai posisi penting, termasuk Pamapta Polresta Banjarmasin, Wadanki 1/B Sat Brimob Polda Kalsel, hingga Kapolres Jayapura dan Wakapolda Papua Barat.

Dengan pengunduran diri dari Polri, Mathius D. Fakhiri kini siap menghadapi tantangan baru dalam karir politiknya.

Keputusan ini diambil dengan harapan dapat memberikan kontribusi lebih besar bagi tanah kelahirannya, Papua, sebagai calon Gubernur di Pilgub yang akan datang.


Sheila Silvina

Kategori :