Iklan dempo dalam berita

4 Ciri Oli Gardan Motor Matic Sudah Habis

4 Ciri Oli Gardan Motor Matic Sudah Habis

Lokasi Oli Gardan Motor Matic--

Jika diabaikan, dampaknya bisa membuat beberapa komponen pada motor matic seperti gear ratio menjadi rentan aus sehingga usia pakainya pun ikut menurun. 

Akhirnya, biaya perbaikan kendaraan menjadi berkali lipat lebih besar dibandingkan dengan biaya penggantian oli pelumas gardan motor matic. 

BACA JUGA:7 Oli Mobil Diesel Full Synthetic Terbaik yang Direkomendasikan

2. Motor Bergetar

 Selain terdengar suara bising di bagian box CVT, ciri kedua oli gardan motor matic habis adalah ketika tiba-tiba motor terasa bergetar di bagian bodi dan stang motor. 

Tidak hanya itu saja, kendaraan matic tersebut juga mengeluarkan suara kasar saat dikendarai, terutama ketika dipacu dengan kecepatan tinggi. Jika hal ini terjadi, segera cek level oli gardan motor matic Anda apakah masih berada di level aman atau tidak.

BACA JUGA:8 Oli Matic Terbaik Untuk Honda Vario, Ini Risiko Menggunakan Kompresor Angin Saat Ganti Oli

Jika diperlukan, isi kembali atau ganti oli gardan dengan yang baru. Sebab, pada umumnya kondisi motor yang bergetar bisa terjadi karena aktivitas pelumasan yang tidak berjalan secara sempurna. Akibatnya, pada saat melewati jalanan tertentu, motor matic Anda akan terasa bergetar. Untuk memastikan, cobalah mengendarai motor matic di jalanan yang menurun.

Keberadaan oli gardan ini sangat penting untuk menjaga performa transmisi dan berbagai komponen gardan yang ada pada kendaraan berkopling kering. Jadi, wajar apabila oli gardan sampai kehabisan bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin. 

BACA JUGA:10 Rekomendasi Oli 10W 40 untuk Mobil Toyota Kijang Innova Diesel Mesin 2KD

3. Performa Motor Semakin MenurunC

iri oli gardan motor matic habis yang ketiga adalah ketika Anda mulai merasakan bahwa performa kendaraan terasa kian menurun. Misalnya, akselerasi yang berjalan lambat atau kecepatan maksimum yang semakin terbatas. 

4. Oli Gardan Terkontaminasi

Oli gardan motor matic yang telah terkontaminasi juga bisa membuat kinerja mesin menjadi terganggu. Jika kekentalan oli gardan pada mobil hingga SAE 70, untuk motor matic tingkat kekentalan oli gardan harus berkisar antara SAE 140 atau SAE 90. 

Seiring berjalannya waktu dan lamanya pengoperasian kendaraan matic tersebut, maka tingkat kekentalan pada oli gardan juga akan semakin berkurang dan terkontaminasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: