Iklan dempo dalam berita

Jangan Dibuang, Serabut Kelapa Punya 6 Manfaat yang Luar Biasa, Begini Cara Mengolahnya

Jangan Dibuang, Serabut Kelapa Punya 6 Manfaat yang Luar Biasa, Begini Cara Mengolahnya

6 manfaat luar biasa dari serabut kelapa--

BACA JUGA:Tak Perlu Risau, Simak 6 Cara Hapus Data Pribadi dari Pinjol, Nomor 1 Sangat Penting

6. Untuk Bahan Bakar

Selain bisa dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan, sabut kelapa juga memiliki manfaat luar biasa lainnya. Di masa lalu, masyarakat selalu mengandalkan batok dan sabut kelapa sebagai bahan bakar yang handal sebelum adanya kemajuan kompor minyak dan gas yang kita kenal sekarang.

Sekarang mungkin banyak yang beralih ke bahan bakar yang lebih modern, tapi jangan lewatkan manfaat luar biasa dari sabut kelapa. Bahkan, sabut kelapa masih sangat berguna sebagai bahan bakar untuk pembuatan briket arang. 

BACA JUGA:7 Manfaat Tempurung Kelapa Selain Kerajinan Tangan, Ternyata juga Bahan Baku Obat Nyamuk, Begini Cara Olahnya

Jadi, selain membantu lingkungan dengan memanfaatkan limbah kelapa, kita juga masih bisa merasakan manfaatnya dalam kegiatan sehari-hari seperti memasak. Wih keren ya!

Nah, itulah manfaat dari serabut kelapa yang sobat camkoha wajib tahu. Serabut kelapa bukan sekedar sampah tapi merupakan sumber daya alam yang bernilai tinggi dengan sejumlah manfaat yang bisa didapatkan. 

Tidak hanya bermanfaat bagi diri Anda, serabut kelapa juga memberikan dampak positif bagi lingkungan. Wih keren nggak tuh! 

Dalam mengoptimalkan penggunaannya, serabut kelapa dapat diolah menjadi berbagai produk yang ramah lingkungan. Jadi, jangan lupa untuk memanfaatkan serabut kelapa secara bijak, ya!

 

Aziz Shadiq Ghaniy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: