Iklan dempo dalam berita

Dijamin Cepat Sembuh, Hindari Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Cacar Air

Dijamin Cepat Sembuh, Hindari Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Cacar Air

Jenis makanan yang dilarang saat mengidap cacar air--

Banyak orang percaya bahwa mandi adalah salah satu pantangan cacar air, tetapi ini malah dianjurkan untuk membersihkan kulit dari kuman dan agar tidak terjadi infeksi di kulit.

BACA JUGA:Peluang Kerja BUMN, PT Pelindo Multi Terminal Buka Lowongan Kerja Januari 2024, Cek Posisi dan Syaratnya

Hal yang menjadi pantangan adalah menggunakan sabun mandi berbahan dasar alkohol, mengandung parfum, antibakteri, atau propylene glycol. Berbagai kandungan tersebut bisa memicu iritasi kulit dan memperparah gatal-gatal.

Agar penyembuhan cacar air menjadi lebih efektif, maka bisa beralih untuk menggunakan sabun berbahan lembut atau obat cacar air tradisional, seperti oatmeal dan soda kue, yang dicampur ke dalam air mandi.

2. Bersentuhan dengan orang yang rentan 

Bersentuhan dengan orang lain yang berada di rumah juga merupakan pantangan cacar air, terlebih jika ada ibu hamil, bayi yang baru lahir, atau orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah di rumah.

BACA JUGA:Khawatir Bisa Meninggalkan Bekas, Ini Cream Penghilang Bekas Cacar Air di Wajah

Tidak hanya untuk mencegah penularannya, hal ini juga dilakukan untuk mencegah kondisi serius yang bisa terjadi jika cacar air menyerang orang-orang dari kelompok rentan yang telah disebutkan di atas.

3. Menggaruk lepuhan cacar

Meski terasa gatal, menggaruk lepuhan cacar adalah salah satu pantangan cacar air yang perlu diperhatikan. Pasalnya, menggaruk lepuhan cacar air hingga pecah dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi bakteri di kulit akibat adanya penyebaran kuman dari tangan.

BACA JUGA:Usia 45 Tahun Bisa Pinjam KUR BCA 2024 dari Rumah, Berikut Syarat dan Cara Pengajuannya

Menggaruk lepuhan cacar air juga bisa menyebarkan virus ke benda-benda yang dipegang setelahnya. Garukan yang keras juga bisa merusak kulit dan menimbulkan bekas luka di kemudian hari. Namun, bila tidak sengaja menggaruk lepuhan cacar air, segeralah cuci tangan dengan sabun dan air.

4. Beraktivitas di luar rumah

Beraktivitas di luar rumah adalah salah satu pantangan cacar air yang paling tidak bisa diabaikan. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya penularan ke orang lain. Bila sedang terkena cacar air, istirahatlah di rumah hingga sembuh, yaitu saat gejala sudah menghilang dan ruam lepuh sudah menjadi koreng.

5. Mengkonsumsi aspirin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: