Iklan dempo dalam berita

Apakah saat Cacar Air Boleh Mandi Air Dingin? Ini Fakta Tentang Mandi bagi Penderita Cacar Air

Apakah saat Cacar Air Boleh Mandi Air Dingin? Ini Fakta Tentang Mandi bagi Penderita Cacar Air

Apakah boleh mandi air dingin saat mengidap cacar air--

Selain itu, mandi juga membantu mengurangi keinginanmu untuk menggaruk ruam yang muncul. Saat mandi, kotoran yang menempel pada kulit sobat camkoha dapat terangkat dan ini dapat mengurangi rasa gatal yang kamu alami.

Jadi, jangan ragu untuk mandi ya, karena hal ini akan membuat kulitmu terasa lebih sehat dan nyaman.

Apakah Boleh Mandi Air Dingin saat Cacar Air?

Tapi, sayangnya kamu lebih disarankan untuk mandi dengan air hangat ketika kamu mengalami cacar air, ya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa gatal di seluruh tubuh. 

BACA JUGA:Terbaru, Ini Spesifikasi Daihatsu Ayla 2024, Ketahui Juga Harga dan Simulasi Kreditnya

Bahkan, penelitian juga menyarankan agar penderita cacar air mandi lebih dari sekali dalam sehari. Jika perlu, kamu bisa menambahkan cairan disinfektan ke dalam air mandi untuk menjaga kebersihan kulit dan mengeringkan benjolan cacar air. 

Selama mandi, sobat camkoha disarankan menggunakan sabun yang lembut dan tidak berbusa banyak. Hindari menggosok kulit terlalu keras ya, terutama di area tubuh yang terdapat benjolan. Kulit yang terkena cacar air cenderung sensitif dan mudah iritasi, loh. 

Setelah mandi, keringkan tubuh dengan menepuk-nepuk handuk secara lembut di seluruh tubuh. Jangan menggosok kulit, walaupun gatalnya sangat mengganggu sobat camkoha. 

BACA JUGA:10 Salep untuk Menghilangkan Bekas Cacar Air Ampuh, Terbaik Rekomendasi Dokter

Usahakan untuk segera mencuci handuk setelah digunakan. Jangan menggunakan handuk yang sama secara bergantian karena cacar air bisa menyebar.

Setelah kulit kering, gunakan berbagai produk perawatan seperti salep yang diresepkan oleh dokter pada area benjolan. Tujuannya adalah untuk mempercepat proses penyembuhan. 

Jika rasa gatal yang sobat camkoha alami masih sangat parah atau semakin memburuk setelah mandi, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, ya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan obat yang lebih kuat untuk menyembuhkan kondisimu. 

BACA JUGA:Tidak Semua Kebagian, Ini 5 Kategori Penerima KUR Mandiri 2024 yang Bisa Pinjam di Atas Rp 100 Juta

Jadi, jika sobat camkoha terkena cacar air, jangan ragu untuk mandi. Gunakan air hangat atau suhu ruangan. Kamu bisa mandi hingga 5 kali sehari, dengan durasi maksimal 5 menit. Dengan cara ini, rasa gatal dan risiko infeksi dapat dicegah.

Nah, itulah fakta tentang apakah cacar air boleh mandi air dingin. Meskipun mandi di perbolehkan, tetapi kamu lebih disarankan untuk mandi air hangat dan ingatlah untuk membatasi waktu mandi mu juga ya, karena setiap penderita cacar air memiliki keadaan yang berbeda-beda, ya sobat camkoha. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: