Iklan dempo dalam berita

Apakah saat Cacar Air Boleh Mandi Air Dingin? Ini Fakta Tentang Mandi bagi Penderita Cacar Air

Apakah saat Cacar Air Boleh Mandi Air Dingin? Ini Fakta Tentang Mandi bagi Penderita Cacar Air

Apakah boleh mandi air dingin saat mengidap cacar air--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Mungkin kamu bertanya tanya apakah cacar air boleh mandi air dingin? Apakah saat cacar air boleh mandi air dingin? Ini fakta tentang mandi bagi penderita cacar air.

Cacar air, juga dikenal sebagai varisela, adalah infeksi virus yang umum terjadi saat masa kanak-kanak. Salah satu gejala cacar air adalah munculnya ruam berbentuk bintik-bintik kemerahan dan berisi cairan yang terasa gatal di seluruh tubuh.

Selain itu, demam, sakit kepala, dan kelelahan juga dapat dialami oleh penderita cacar air. Lalu apakah penderita cacar air boleh mandi air dingin? Nah, dalam artikel ini kita akan membahas tentang fakta mandi bagi penderita cacar air.

BACA JUGA:Dijamin Cepat Sembuh, Hindari Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Cacar Air

Penyebab dan Gejala Cacar Air

Nah, sobat camkoha udah tahu belum, cacar air dalam bahasa medis disebut varicella, loh. Virus penyebab cacar air ini disebut Varicella zoster. Nah, faktanya virus ini mudah banget nular, loh. Bisa melalui percikan ludah, atau kontak langsung dengan cairan dari ruamnya.

Cacar air ini paling sering menyerang anak-anak di bawah 12 tahun, loh. Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko sobat camkoha kena cacar air, misalnya kayak belum pernah kena cacar air sebelumnya atau belum divaksinasi.

Nah, gejalanya biasanya muncul dalam waktu 10-21 hari setelah terpapar virusnya. Kamu bakal lihat bentol-bentol merah berisi cairan di wajah, dada, atau punggung. Terus, bentol-bentol ini bisa menyebar ke seluruh tubuh, loh.

BACA JUGA:Pinjaman Rp 25 dan 50 Juta KUR BRI 2024 Bisa Langsung Cair, Cermati 4 Strategi Lolos Pengajuan Berikut

Sebelum bentol-bentol itu muncul, biasanya 2 hari sebelumnya sobat camkoha akan merasakan gejala lain seperti demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, lemas, dan hilang nafsu makan.

Biasanya penyakit ini sembuh dalam 5-10 hari kalau daya tahan tubuh kamu bagus. Jadi, jangan khawatir ya kalau kena cacar air, karena biasanya sobat camkoha bisa sembuh dengan baik.

Bolehkah mandi saat sakit cacar air?

Nah, Secara medis, kamu tidak perlu khawatir untuk mandi atau membersihkan diri ketika sedang mengalami cacar air. Malah, mandi saat cacar air sangat dianjurkan sebagai perawatan kulit untuk mengurangi rasa gatal yang kamu rasakan, loh. 

BACA JUGA:Cara agar Cacar Air Cepat Kering dan Tidak Membekas, Salah Satunya dengan Air Kelapa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: