Iklan RBTV Dalam Berita

7 Amalan Jelang Bulan Puasa Ramadan yang Dianjurkan, Jangan Sampai Terlewat

7 Amalan Jelang Bulan Puasa Ramadan yang Dianjurkan, Jangan Sampai Terlewat

Amalan Jelang Bulan Puasa Ramadan --Foto: ist

Salah satunya melalui amalan yang bisa dilakukan menjelan bulan Ramadhan. Berikut ini telah dirangkum dari berbagai sumber, tentang amalan menjelang bulan Ramadhan.

1. Menuntaskan Utang Puasa

Salah satu amalan menjelang bulan Ramadan yang harus kamu laksanakan adalah menuntaskan utang puasa tahun sebelumnya. Puasa ganti atau Puasa Qadha ini wajib dilaksanakan sebanyak hari puasa yang telah ditinggalkan saat Ramadan.

BACA JUGA:Ada 10 Amalan Bulan Rajab yang Sangat Dianjurkan bagi Umat Muslim, Salah Satunya Dianjurkan Sedekah

Ketentuan membayar hutang puasa Ramadan dapat dilihat jelas dalam firman Allah pada Q.S. Al-Baqarah ayat 184 yang berbunyi:

"(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

BACA JUGA:Amalan Agar Mendapat Keselamatan di Hari Kiamat, Cukup 10 Menit Setelah Subuh Sebelum Sarapan

2. Puasa Sunah di Bulan Syaban

Puasa Syaban juga bisa kamu jadikan salah satu amalan menjelang bulan Ramadan yang penuh keistimewaan. Kamu bisa memperbanyak puasa sunnah di bulan Syaban sebelum datangnya bulan Ramadan.

Namun biasanya satu atau dua hari menjelang masuknya bulan Ramadhan, umat muslim dilarang menunaikan puasa sunnah, kecuali bagi mereka yang sudah membiasakannya. Larangan ini juga disebutkan dalam hadist Rasul, yaitu sebagai berikut ;

“Jangan kamu dahului Ramadhan dengan puasa sehari atau dua hari, kecuali bagi seseorang yang memuaskan puasa tertentu, maka ia boleh meneruskan puasanya”. (Hadits Shahih, riwayat Bukhari: 1781 dan Muslim: 1812. teks hadits riwayat al-Bukhari).

BACA JUGA:8 Amalan Agar Mendapat Syafaat Rasulullah SAW di Hari Kiamat, Salah Satunya Bertauhid

3. Saling Bermaaf-maafan

Amalan menjelang bulan Ramadan selanjutnya adalah saling memaafkan. Saat memasuki bulan Ramadan, kamu harus suci lahir dan batin. Suci secara lahir artinya seperti menjaga kesehatan, kebersihan, dan lain-lain. Sedangkan suci batin adalah suci dari segala pikiran buruk, dendam, dan masalah hati lainnya.

Oleh karena itu, dalam menyambut bulan Ramadan hendaknya umat Muslim saling memaafkan. Cara ini bisa membebaskan diri dari kesalahan pada orang lain dan membersihkan hati. Dengan begitu, bulan Ramadan akan terasa ringan untuk dijalani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: