Iklan RBTV Dalam Berita

Pahami Jangan Sampai Batal! Ini Hal yang Membatalkan Puasa Bulan Ramadhan

Pahami Jangan Sampai Batal! Ini Hal yang Membatalkan Puasa Bulan Ramadhan

Hal-hal yang membatalkan puasa ramadhan--

6. Gila

Orang yang gila atau hilang akal tidak diwajibkan baginya berpuasa. Namun, apabila gangguan jiwa muncul ketika sedang menjalani ibadah puasa maka puasanya tersebut batal atau tidak sah dan wajib menggantinya ketika ia telah sembuh.

BACA JUGA:Begini Hukum Membatalkan Puasa Secara Sengaja, Azabnya tidak Main-main

7. Murtad

Salah satu syarat wajib puasa adalah beragama Islam. Ketika seseorang memutuskan keluar dari Islam (murtad) dengan cara menyekutukan Allah, maka hilang kewajiban puasa atas dirinya.

8. Meninggal

Muslim yang meninggal dalam keadaan menjalankan puasa wajib, maka keluarga yang ditinggalkan harus mengqada puasa untuk hari kematiannya.

Namun jika pada hari kematiannya dalam keadaan menjalankan puasa nazar atau kafarah, maka keluarga cukup memberi makan orang miskin tidak perlu mengqada puasa tersebut.

9. Memasukkan sesuatu ke rongga tubuh

Memasukkan sesuatu ke dalam salah satu rongga tubuh baik itu mulut, lubang hidung, lubang telinga, lubang dubur (belakang), dan lubang kubul (depan) dapat membatalkan puasa.

BACA JUGA:Mencium Istri Apakah Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Dalilnya, Pahami juga 8 Hal yang Membatalkan Puasa

Hal ini dijelaskan dalam hadis Nabi, dari Ibn Abbas, ia berkata: Adapun yang mewajibkan berwudu adalah karena sesuatu yang keluar dari (lubang kubul/depan dan dubur/belakang), bukan karena sesuatu yang masuk. Adapun yang membatalkan puasa adalah karena adanya barang yang masuk dan bukan karena barang keluar." (Sahih Bukhari)

Demikian informasi tentang hal yang membatalkan puasa yang sudah dijelaskan dalam artikel di atas. Semoga kita bisa menjalankan puasa dengan baik dan benar sehingga kita dapat keberkahan dan pahala dari Allah SWT.

 

Tianzi Agustin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: