Iklan dempo dalam berita

Populasi Ikan Mungkus Semakin Sedikit, Ini Penyebabnya

Populasi Ikan Mungkus Semakin Sedikit, Ini Penyebabnya

Ikan Mungkus dari Bengkulu Selatan yang sangat terkenal, sekarang polulasinya semakin sedikit--

BENGKULU SELATAN, RBTVCAMKOHA.COM - Dinas Perikanan Bengkulu Selatan fokus pada program budidaya ikan endemik. Salah satunya Ikan Mungkus yang sekarang polulasinya semakin sedikit dan semakin sulit didapati. Padahal Ikan Mungkus sangat terkenal, tidak hanya di Bengkulu Selatan namun di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Harimau Berkeliaran Terekam Kamera dan Sudah Memangsa Ternak, Warga Mukomuko Wajib Hati-hati

Karena populasinya banyak berkurang, saat ini di Sungai Kedurang, semakin sulit warga untuk mendapatkan Ikan Mungkus.

BACA JUGA:Mancing di Sungai, Warga Kepahiang Hilang hanya Ditemukan Tas hingga Jaring

Merespon kondisi ini, Dinas Perikanan Bengkulu Selatan akan melakukan budidaya secara massif. Salah satunya merubah fungsi Balai Benih Ikan untuk kemudian dijadikan area budidaya Ikan Mungkus.

Kepala Dinas Perikanan Bengkulu Selatan, Santono menjelaskan salah satu sebab semakin berkurangnya Ikan Mungkus karena penangkapan yang dilakukan secara besar-besaran. Ditambah lagi alat yang digunakan tidak ramah lingkungan. 

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Buka Lowongan Pekerjaan, Usia 60 Tahun Bisa Daftar

"Kita akan gunakan BBI sebagai salah satu instrumen budidaya, kan ada banyak BBI milik pemerintah, kita dorong ke situ proses budidayanya," kata Santono.

Tidak hanya itu, masyarakat Bengkulu Selatan ataupun pengusaha juga diminta untuk melakukan budidaya secara mandiri. Jika ada kendala terhadap proses budidaya maka Dinas Perikanan akan memberikan edukasi secara gratis.

BACA JUGA:Mau Uang Rp 650 Ribu dengan Cara Mudah? Baca Ini

Ikan mungkus atau Sicyopterus Stimpsoni adalah jenis ikan air tawar yang hidup di pasir dan bebatuan. Selain itu juga hidup di perairan yang deras serta jernih. Ciri ikan ini adalah hidupnya menempel di bebatuan. 

BACA JUGA:LOWONGAN, BPS Butuh 1.952 Petugas Sensus, Ini Syarat dan Besaran Gajinya

Dengan sejenis cupak di atas perutnya. Cupak inilah yang mampu membuat ikan mungkus menempel kuat di atas batu. Sedangkan sumber makanan dari ikan adalah lumut yang menempel di batu-batu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: