Iklan dempo dalam berita

Menarik! Ini Perbedaan Idul Fitri di Indonesia dan Arab Saudi, yang Pasti Tak Ada Opor Ayam

Menarik! Ini Perbedaan Idul Fitri di Indonesia dan Arab Saudi, yang Pasti Tak Ada Opor Ayam

Menarik! Ini Perbedaan Idul Fitri di Indonesia dan Arab Saudi, yang Pasti Tak Ada Opor Ayam --

Di Indonesia, sajian khas Idul fitri umumnya terdiri dari ketupat yang disajikan dengan menu pendamping seperti semur daging, sambal goreng, opor ayam, kerupuk, dan lainnya. Bahkan hampir di setiap rumah, menu-menu tersebut disajikan sebagai bagian dari tradisi dalam merayakan Idul fitri.

BACA JUGA:Mudik Lebaran Pakai Dana Pinjol Syariah Tanpa Riba dan Resmi OJK, Berikut 5 Rekomendasinya

Sementara di Arab Saudi, hidangan khas Idul fitri cenderung lebih manis. Biasanya, hidangan tersebut terdiri dari kurma, cokelat, dan makanan manis lainnya. Ini mencerminkan preferensi rasa yang berbeda-beda, namun tetap memperlihatkan kegembiraan dalam menyambut momen spesial tersebut.

BACA JUGA:Jangan Tergiur Pinjol Ilegal, Ini 8 Aplikasi Pinjol Resmi OJK Cocok Untuk Belanja Mudik Lebaran

3. Halal bihalal

Halal bihalal merupakan tradisi memaafkan dan meminta maaf setelah menjalani ibadah puasa Ramadan. Tradisi ini umumnya dilaksanakan di tempat-tempat seperti aula, auditorium, atau rumah-rumahan oleh sekelompok orang.

BACA JUGA:Pinjol BNI Rp50 Juta Cocok Untuk Penuhi Kebutuhan Lebaran 2024, Bunga Ringan dan Aman

Di Indonesia, halal bihalal biasanya dilakukan setelah salat id dengan mengunjungi rumah tetangga, saudara, dan kerabat untuk meminta maaf dan menjalin silaturahmi. Tradisi ini menjadi momen penting dalam mempererat hubungan antar warga dan menunjukkan semangat toleransi serta kebersamaan.

BACA JUGA: Rincian Tarif Tol Jakarta - Surabaya Mudik Lebaran 2024,Lengkap dengan Tips Mudik yang Hemat dan Aman

Sementara di Arab Saudi, halal bihalal lebih terfokus pada keluarga terdekat dan umumnya dilaksanakan pada malam hari. Meskipun dalam skala yang lebih kecil, tradisi ini tetap menjadi bagian penting dari perayaan Idul fitri di Arab Saudi.

BACA JUGA:Waspada! Ini Daftar Lokasi Rawan Macet dan Kecelakaan Jalur Pantura Selama Mudik Lebaran 2024

4. Malam Takbiran

Malam takbiran, yang merupakan malam sebelum hari raya Idul fitri, memiliki perbedaan dalam pelaksanaannya di Indonesia dan Arab Saudi.

Di Indonesia, malam takbiran dirayakan dengan semangat yang meriah, seringkali disertai dengan pukulan bedug dan berkeliling dari desa ke desa untuk mengumandangkan takbir bersama. Hal ini menambah nuansa kegembiraan menyambut Idulfitri.

BACA JUGA:Catatan Penting untuk Pemudik! Ini Lokasi Rawan Macet dan Kecelakaan Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: