Iklan dempo dalam berita

Kenapa Ada Puasa Syawal? Apakah Ada Kaitannya dengan Peristiwa Berikut?

Kenapa Ada Puasa Syawal? Apakah Ada Kaitannya dengan Peristiwa Berikut?

Puasa syawal setelah meraih kemenangan hari raya Idul Fitri--

BACA JUGA:Punya Makna dan Filosofi Mendalam, Ini Arti Ketupat dalam Bahasa Jawa

Allah menjelaskan bahwa tujuan dari ibadah di bulan Ramadhan adalah menjadi manusia yang bertakwa.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Q.S Al-Baqarah: 183).

Berpuasa di bulan Syawal adalah bentuk Ikhtiar seorang muslim. Tujuannya untuk menjadi manusia yang bertakwa selepas kepergian bulan Ramadhan.

6. Dijauhkan dari Api Neraka

Neraka adalah tempat yang Allah siapkan bagi makhluk-Nya yang membangkang atas segala perintah maupun larangan-Nya. Tidak ada satupun makhluk di dunia ini yang mau dan sanggup untuk masuk ke dalam Neraka.

Masuk ke dalam neraka adalah kerugian dan kehinaan yang begitu besar. Hal tersebut Allah firmankan dalam sebuah ayat berikut:

“Ya Rabb kami, sesungguhnya barang siapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh telah Engkau hinakan ia, dan tidak ada bagi orang-orang yang alim seorang penolong pun.” (Q.S Ali Imran: 192).

BACA JUGA:Ini Makanan Lezat Khas Aceh yang Harus Ada Pas Lebaran, Apa saja? Yuk Cek di Sini

Salah satu manfaat atau fungsi puasa Syawal adalah menjauhkan diri dari api neraka. Puasa Syawal adalah bentuk ikhtiar seorang hamba untuk menjalankan segala perintah-Nya. Puasa Syawal masuk dalam keumuman hadits berikut:

“Barang siapa berpuasa satu hari di jalan Allah, niscaya Allah akan menjauhkan wajahnya dari api neraka sejauh 70 tahun perjalanan.” (H.R Muslim).

Hadits tersebut menjelaskan tentang orang yang berpuasa selama satu hari, berpuasa selama 6 hari berarti memiliki keutamaan yang jauh lebih besar. 

Betapa besarnya karunia Allah yang membalas kebaikan hamba-Nya berkali-kali lipat lebih besar daripada yang hamba-Nya kerjakan.

7. Ibadah Sunnah Berpahala Wajib

Salah satu manfaat puasa 6 hari di bulan Syawal adalah mendapatkan pahala wajib dari ibadah sunnah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: