Iklan dempo dalam berita

Setiap Bencana Pasti Ada Hikmahnya! Ini Hikmah Gunung Meletus Menurut Islam

Setiap Bencana Pasti Ada Hikmahnya! Ini Hikmah Gunung Meletus Menurut Islam

Hikmah Gunung Meletus Menurut Islam--

Dalam setiap peristiwa yang ada di alam semesta, tidak ada yang terjadi tanpa sebab akibat dan juga hikmah dibaliknya. Termasuk selalu ada hikmah di balik bencana alam yang terjadi di dunia ini bagi manusia. 

Dari setiap waktu ke waktu, zaman ke zaman, bencana alam selalu meliputi kehidupan kita. Mulai dari zaman para nabi hingga ke zaman manusia di abad modern kali ini.

BACA JUGA:Puncak Musim Hujan Normal Januari 2024, BMKG: Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

Dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 155-157, Allah berfirman, “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.(155) (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun (sesungguhnya kami milik Allah dan sesungguhnya kami sedang menuju kembali kepada-Nya) (156) Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (157)”.

BACA JUGA:Salah Satu Pusaka Legendaris pada Zaman Majapahit, Begini Sejarah dan Ciri Keris Nogo Sosro Asli

Dalam ayat ini jelas bahwa Allah akan senantiasa memberikan ujian kepada manusia dan salah satu diantaranya berupa musibah bencana alam. Ada yang terjadi karena ulah tangan manusia tapi ada juga yang memang di luar kehendak atau pengetahuan manusia.

Namun Allah juga menciptakan segala sesuatu di muka bumi ini bukan tanpa hikmah dan tujuannya.

BACA JUGA:Apa Saja Deretan 7 Senjata Pusaka Kerajaan Sriwijaya dari Kesultanan Palembang

Berikut ini adalah beberapa hikmah yang bisa kita ambil di balik bencana alam yang terjadi di dunia:

1. Mengingat Betapa Besarnya Kekuasaan Allah

Dari setiap bencana alam yang terjadi, kita bisa memahami bahwa ada sunnatullah (hukum-hukum Allah) yang diterapkan di alam semesta ini.

Adanya pasang surut air laut, meletusnya gunung merapi, angin badai, dan berbagai macam fenomena alam lainnya bukanlah hukum yang dibuat oleh manusia. Hal tersebut terjadi karena Allah SWT telah menetapkan hukum-Nya.

Kita tidak bisa mengubah gunung merapi menjadi tidak meletus, karena jika itu terjadi ada hal kompleks yang akan terjadi di bumi hingga ke dasar laut.

Kita juga tidak bisa menghilangkan hukum pasang surut air laut, karena hukum tersebut sudah tetap sebagai keseimbangan di muka bumi. 

BACA JUGA:Kesaktian Bung Karno Punya Pusaka Minak Jinggo, Simak Juga 4 Guru Spiritualnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: