Iklan dempo dalam berita

Setiap Bencana Pasti Ada Hikmahnya! Ini Hikmah Gunung Meletus Menurut Islam

Setiap Bencana Pasti Ada Hikmahnya! Ini Hikmah Gunung Meletus Menurut Islam

Hikmah Gunung Meletus Menurut Islam--

2. Menggali Ilmu Lebih Dalam

Dari bencana alam yang terjadi, seharusnya memotivasi kita untuk tunduk dan taat kepada Allah. Selain itu, sebagai manusia yang meyakini hukum dan kekuasaan-Nya, kita juga harus menggali ilmu lebih dalam.

Menggali ilmu pengetahuan tidak akan membuat kita semakin jauh dari Allah. Justru semakin ilmu lebih diperdalam maka disitulah kita akan semakin menemukan betapa luar biasa dan dahsyatnya Allah SWT.

BACA JUGA:Curi 9 Senjata Pusaka, 3 Pria Didenda Kepala Kambing 

Hal ini juga seperti firman Allah SWT, “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi Ulil Albab (orang yang berakal), (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Maha Suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.” (QS Ali Imran : 190-191)

BACA JUGA:Salah Satu Pusaka Legendaris pada Zaman Majapahit, Begini Sejarah dan Ciri Keris Nogo Sosro Asli

3. Dunia adalah Tempat yang Terbatas

“Wahai kaumku! Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal.” (QS Ghafir: 39) 

Ayat di atas juga menunjukkan bahwa dunia adalah tempat tinggal yang serba terbatas. Termasuk adanya bencana alam adalah bentuk keterbatasan dari kehidupan dunia. Berbanding terbalik dengan kehidupan akhirat di surga yang benar-benar kekal dan tanpa terbatas apapun.

BACA JUGA:7 Keris Sakti dari Tanah Jawa, Nomor 1 Haus Darah

4. Menjauhi Berbuat Kerusakan di Bumi 

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”. (QS Ar-Rum: 41)

Di dalam ayat ini, Allah SWT juga memperingatkan manusia bahwa berbagai kerusakan dan bencana alam di muka bumi ada yang terjadi karena ulah tangan manusia. Banjir, longsor, terendamnya rumah-rumah dengan lumpur, adalah contoh bahwa bencana alam bisa terjadi karena hawa nafsu dan keangkuhan manusia. 

BACA JUGA:Makan 7 Tumbal, Benarkah Keris Mpu Gandring Dikubur di Kawah Gunung Kelud? Ini Ulasannya

5. Bencana Bisa Datang Tanpa Diduga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: