Iklan dempo dalam berita

Seharga Mobil Lamborghini, Ternyata Ini 10 Mitos dan Fakta Ayam Cemani yang Belum Diketahui

Seharga Mobil Lamborghini, Ternyata Ini 10 Mitos dan Fakta Ayam Cemani yang Belum Diketahui

Harganya mahal, ini berbagai mitos ayam Cemani--

Namun faktanya, sangat sedikit jenis ayam ini yang memiliki lidah berwarna hitam, dan kebanyakan berwarna abu-abu atau putih. Begitu juga dengan darahnya, yang tidak berwarna hitam melainkan berwarna merah tua sebagaimana darah manusia.

Namun, akan sangat berbahaya jika seseorang dengan sengaja memberikan zat berbahaya untuk menghitamkan warna darahnya agar ayam ini memiliki nilai jual yang tinggi. Ini karena ayam cemani tidak bisa bertahan hidup lama jika diberikan zat asing tersebut.

6. Telur Ayam Cemani Tidak Hitam

Banyak juga yang mengira bahwa telur ayam cemani berwarna hitam. Padahal sebenarnya, telur ayam ini berwarna cokelat muda seperti krim. Lebih khusus lagi, telur ayam ini cukup mirip dengan ayam kampung pada umumnya. Warnanya berwarna krem, terkadang cokelat.

BACA JUGA:7 Tambang Berlian Terbesar di Indonesia, Siapa yang Jadi Penguasa? Ini Titik Lokasinya

Kuning telur juga bisa berwarna hitam saat muncul embrio anak ayam cemani. Jika bagian kuning telur berwarna hitam, hal ini menunjukkan bahwa telur tersebut dalam kualitas yang baik sehingga dapat menetas.

7. Dahulu Identik dengan Hal Mistis

Sudah tidak diragukan lagi bahwa pasti masih ada masyarakat yang meyakini bahwa ayam ini berkaitan dengan hal-hal magis. Ada juga yang yakin bahwa ayam ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Banyak juga orang yang masih menggunakan ayam ini untuk melengkapi kegiatan adat.

Namun, untungnya kini sudah banyak orang yang kurang percaya hal-hal mistis ini. Kini ayam cemani lebih dikenal sebagai ayam atau hewan peliharaan yang eksotis.

8. Pakan Ayam Cemani

Seperti ayam pada umumnya, ayam ini memakan biji-bijian seperti jagung giling, beras merah, atau biji-bijian lainnya. Jadi jika hendak memeliharanya, kamu bisa memberikan pakan konsentrat yang sudah jadi karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam cemani.

BACA JUGA:Cara Daftar Paylater BCA Lewat Mybca, Praktis dan Mudah, Limit Rp 20 Juta Bisa Langsung Cair

9. Aman Dikonsumsi

Ayam cemani kini memang lebih dikenal sebagai ayam hias peliharaan, namun pasti kamu juga penasaran apakah dagingnya bisa dimakan, bukan?

Faktanya, daging ayam ini aman dikonsumsi oleh anak-anak atau orang dewasa meski warna dagingnya juga hitam. Namun warna dagingnya tidak segelap warna hitam bulunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: