Iklan dempo dalam berita

Seharga Mobil Lamborghini, Ternyata Ini 10 Mitos dan Fakta Ayam Cemani yang Belum Diketahui

Seharga Mobil Lamborghini, Ternyata Ini 10 Mitos dan Fakta Ayam Cemani yang Belum Diketahui

Harganya mahal, ini berbagai mitos ayam Cemani--

Jika berpikir bahwa ayam cemani menghitam karena kutukan atau hal gaib lainnya, kamu salah besar. Ini adalah mitos ayam cemani yang sudah lama beredar di masyarakat.

BACA JUGA:Jadi Sasaran Pencurian, Ternyata Harta Karun Emas di Kalimantan Barat Ratusan Juta Ton, di Sini Lokasinya

Karena keunikannya, para peneliti banyak yang tertarik untuk melakukan penelitian terkait penyebab munculnya warna hitam pada hampir seluruh tubuh ayam ini.

Mengutip dari beberapa sumber, ayam cemani menjadi hitam karena adanya mutasi genetik yang menyebabkan pigmentasi hitam. Kondisi genetik ini biasa disebut dengan fibromelanosis dan menyebabkan mutasi pada gen endothelin-3 (EDN-3) yang menyebabkan warna hitam pada ayam ini.

3. Temperamen dan Watak

Ayam cemani pada umumnya adalah ayam yang ramah dan menyenangkan. Mereka cerdas, lembut, dan jinak, termasuk ayam jantannya. Ras ayam cemani telah digambarkan sebagai ayam yang banyak tingkah, tetapi kebanyakan orang yang memilikinya atau membesarkannya mengatakan tidak demikian.

Mereka mudah ditangani, selain itu karena tergolong unggas, mereka juga hanya membutuhkan perawatan sederhana. Ayam jenis ini cukup tangguh di musim dingin jika diberikan kandang yang sesuai.

BACA JUGA:Ini Lokasi Tambang Berlian di Kalimantan dengan Kualitas Nomor Satu di Dunia

Selain itu, karena mereka berasal dari Indonesia yang merupakan negara tropis, mereka juga bisa mentolerir cuaca panas dengan baik.

4. Nama Cemani Berasal dari Bahasa Sansekerta

Dalam bahasa Sansekerta, cemani berarti hitam pekat, sesuai dengan penampilannya yang berwarna hitam di sekujur tubuhnya.

5. Tidak Semua Bagian Tubuh Berwarna Hitam

Memang benar bahwa ayam ini berwarna hitam pada bagian luar tubuhnya bahkan sampai ke organ dalam dan tulangnya. Namun, sebenarnya ada bagian kecil dari tubuh ayam cemani yang tidak berwarna hitam yakni pada lidah dan darah.

Sebagian besar masyarakat di Indonesia sempat meyakini bahwa ayam ini juga memiliki lidah dan darah hitam, yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan merupakan persyaratan untuk kegiatan adat.

BACA JUGA:Syarat Paylater BCA, Bisa Dapatkan Limit hingga Rp 20 Juta, Segini Besaran Bunga dan Biaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: