Iklan dempo dalam berita

Warisan Leluhur, 'Pengadangan' Bagian Tradisi Unik Pernikahan dari Suku Ogan

Warisan Leluhur, 'Pengadangan' Bagian Tradisi Unik Pernikahan dari Suku Ogan

Tradisi Pengadangan Suku Ogan--

Tradisi Suku Ogan

Suku ogan yang mendiami wilayah dataran tinggi Sumatera Selatan ini mengenal suatu tradisi seputar pernikahan warisan leluhur yang disebut dengan tradisi pengadangan.

Tradisi tersebut dilakukan dengan cara menghalang-halangi pengantin pria menggunakan selendang panjang.

BACA JUGA:Rezeki Lancar! Ini Doa Jalur Langit agar Rezeki Ditambahkan dan Halal

Pengadangan merupakan tradisi seputar pernikahan masyarakat Suku Ogan, yang dilakukan dengan cara menghalang-halangi pengantin pria menggunakan selendang panjang.

Jadi, untuk bisa melewati selendang tersebut, maka mempelai pria dan rombongannya harus memenuhi apa saja yang diminta oleh mempelai perempuan.

BACA JUGA:BLT PIP Tahap Dua Mei 2024 Cair Hingga September, Berikut Persyaratan dan Cara Cek Pencairan

Selain sebagai bentuk penghormatan, Pengadangan juga dilakukan untuk mempererat silaturahmi antar dua keluarga yang akan disatukan dalam suatu pernikahan.

Biasanya, dalam prosesi pengadangan, pihak mempelai laki-laki akan diiringi dengan tetabuhan rebana, sambil tidak lupa membawa berbagai bawaan yang diinginkan oleh mempelai perempuan.

Saat pengadangan, maka dibutuhkan seorang juru bicara yang berasal dari pemangku adat yang bertugas untuk melobi dan meyakinkan pihak mempelai perempuan. Setelah persetujuan telah disepakati kedua belah pihak, prosesi kemudian dilanjutkan dengan akad nikah.

BACA JUGA:Naik 12 Persen! Segini Gaji 13 Pensiunan PNS 2024, Catat Tanggal Pencairannya

Jadi, setelah akad nikah diucapkan, dan kedua mempelai telah sah secara adat dan hukum negara, pesta pernikahan kemudian dimeriahkan dengan tarian penghibur pengantin.

Namun, seiring berkembangnya perubahan zaman, tradisi pengadangan dalam pernikahan adat Suku Ogan sudah jarang dilakukan. Padahal banyak nilai luhur yang dapat diambil dari prosesi adat tersebut, seperti saling menghormati, mempererat tali silaturahmi, dan menghargai perempuan seperti menghargai ibu kita sendiri

BACA JUGA:Pencairan BLT PIP Mei 2024, Kapan Dana Masuk ke Rekening? Segini Besaran Uang yang Diterima

Sub Suku Ogan Ilir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: