Iklan RBTV Dalam Berita

Intip Progres Tol Pekanbaru - Bangkinang - Payakumbuh – Bukittinggi 2024, Kapan Selesainya?

Intip Progres Tol Pekanbaru - Bangkinang - Payakumbuh – Bukittinggi 2024, Kapan Selesainya?

Progres Tol Pekanbaru - Bangkinang - Payakumbuh – Bukittinggi 2024--

BACA JUGA:Semarak Tahun Baru Islam, Inilah Tradisi Unik 1 Muharram di Sulawesi

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang nantinya akan tersambung dengan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang sudah beroperasi.

Dengan demikian, koridor utama Jalan Tol Trans Sumatera akan terhubung dengan koridor pendukungnya, yaitu ruas Tol Pekanbaru-Padang.

"Nanti akan disambungkan dengan Lingkar Pekanbaru, sehingga Dumai-Pekanbaru-Bangkinang akan tersambung hingga ke arah Padang. Kita harapkan dengan jalan tol yang ada ini kecepatan, mobilitas orang, barang, dan jasa semakin baik," ungkap Presiden Jokowi.

BACA JUGA:Ingin Berpergian dari Malang Menuju Pasuruan? Segini Tarif Tolnya

"Dulu Pekanbaru-Bangkinang 1,5 – 2 jam, tadi saya coba sendiri 23 menit. Artinya ada kecepatan, kalau ada kecepatan mobilitas tinggi, daya saing akan lebih meningkat produk di Kabupaten Kampar dan Provinsi Riau, kemudian muncul titik-titik perekonomian," tambah Presiden Jokowi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

"Pada ruas tol Pekanbaru-Padang, sekarang sudah bisa selesai Pekanbaru-Bangkinang, dan akan dilanjutkan sampai Pangkalan yang akan selesai pada 2024. Dari arah Padang, kini sedang dikerjakan Tol Padang-Sicincin, Insya Allah juga selesai 2024," jelas Menteri Basuki.

BACA JUGA:Pencuri Warga Bentiring Ditangkap Polisi, Barang Buktinya Ada Laptop

Progres dan Target Penyelesaian

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan dengan tersambungnya ruas Tol Pekanbaru hingga Pangkalan diharapkan dapat menjadi tulang punggung Trans Sumatera yang menciptakan kawasan perekonomian baru di Provinsi Riau.

Khususnya, mendorong tumbuhnya industri perkebunan, pertambangan, dan industri turunannya di Kabupaten Kampar serta mendongkrak kawasan pariwisata Candi Muara Takus.

"Harapan kita kalau Tol Bangkinang-Pangkalan juga selesai dari 3 jam Pekanbaru menuju Muara Takus bisa kita pangkas menjadi 1-1,5 jam saja. Ruas tol ini akan menjadi pengungkit baru perekonomian di Provinsi Riau," ujar Danang Parikesit.

BACA JUGA:Ruas Tol Indrapura–Kisaran Tuntas, Perjalanan Lebih Cepat Terpotong 2 Jam

Pembangunan Ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 km merupakan penugasan Pemerintah kepada PT Hutama Karya sebagai Badan Usaha Jalan Tol dan PT Wijaya Karya serta PT Hutama Karya Infrastruktur sebagai kontraktor pelaksana sejak 2021 dengan nilai investasi Rp4,8 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: