Iklan dempo dalam berita

Kisah Upaya Donald Trump Berhasil Mendapatkan JD Vance Sebagai Cawapres Pemilu AS 2024

Kisah Upaya Donald Trump Berhasil Mendapatkan JD Vance Sebagai Cawapres Pemilu AS 2024

Kisah Upaya Donald Trump Berhasil Mendapatkan JD Vance Sebagai Cawapres Pemilu AS 2024--foto:ist

Bahkan putra Trump mengatakan dia tidak mengetahui apa-apa hingga informasi itu diposting di Truth Social – sebuah rahasia luar biasa yang dirahasiakan hingga hari pertama konvensi.

BACA JUGA:Selain Donald Trump, Ini Deretan Kepala Negara yang Pernah Ditembak

Belum lama ini Vance menganggap dirinya sebagai “orang yang tidak mendukung Trump.” Pada hari-hari awal Trump naik daun di Partai Republik, Vance, yang saat itu dikenal sebagai penulis “Hillbilly Elegy”, mengkritik bintang TV realitas yang beralih menjadi politisi itu, mempertanyakan apakah Trump adalah “Hitler Amerika” dalam pesan pribadinya. Ia mengatakan bahwa ia memilih pihak ketiga pada tahun 2016.

“Saya tidak tahan dengan Trump,” kata Vance dalam sebuah wawancara dengan NPR saat itu. “Saya pikir dia jahat dan membawa kelas pekerja kulit putih ke tempat yang sangat gelap.”

Setelah rekaman “Access Hollywood” yang memperlihatkan Trump membanggakan kemampuannya meraba-raba wanita muncul, Vance menulis dalam unggahan media sosial yang kini telah dihapus: “Rekan-rekan Kristen, semua orang memperhatikan kita. Jika kita meminta maaf atas pria ini, Tuhan tolonglah kami.”

Demokrat telah berulang kali berbagi momen ini dalam beberapa minggu terakhir, menunjukkan tantangan bagi Trump dalam memilih mantan musuh yang vokal. Namun Vance sejak itu menjauhkan diri dari pernyataan tersebut, mengatakan kepada Dana Bash dari CNN pada bulan Mei, “Saya salah tentang dia.”

“Saya tidak menyangka dia akan menjadi presiden yang baik,” kata Vance. “Dan saya sangat, sangat bangga karena terbukti salah. Itulah salah satu alasan mengapa saya bekerja keras untuk membuatnya terpilih.”

BACA JUGA:Kondisi Terbaru Donald Trump Usai Dikabarkan Ditembak Saat Kampanye, Begini Respon Pejabat AS

Keputusan Vance untuk mengubah sikap merupakan langkah politik yang bijaksana. Ia mengikuti pemilihan pendahuluan yang diperebutkan untuk memperebutkan kursi Senat Ohio yang kosong sebagai pendukung vokal mantan presiden, yang akhirnya mendukung Vance daripada alternatif konservatif lainnya. Vance kemudian memenangkan pemilihan pendahuluan 2022 dan pemilihan umum.

Pada hari Senin, saat Vance dicalonkan oleh partainya, seorang delegasi Pennsylvania berkelakar: “Andai saja semudah itu dalam pemilihan Senat.”

Dan di situlah letak salah satu risiko terbesar bagi Trump dalam mencalonkan Vance sebagai calon wakil presidennya. Ia relatif belum teruji dan memiliki sedikit pengalaman. Ia memenangkan kursi Senat dua tahun lalu dengan selisih 6 poin – tertinggal 19 poin dari gubernur Ohio dari Partai Republik, Mike DeWine, dengan tiket yang sama.

Namun Trump semakin merasa nyaman dengan Vance semakin ia menyaksikan pria berusia 39 tahun itu membelanya di televisi. Seorang lulusan Yale dan pembicara publik yang berbakat, Vance telah membuktikan dirinya sebagai penyampai pesan yang fasih dan efektif yang telah menjadi sangat mahir dalam menepis pertanyaan-pertanyaan sulit tentang masalah hukum mantan presiden tersebut.

Calon wakil presiden lainnya juga memiliki kekurangan. Sementara Trump menyukai Burgum karena penampilannya yang tepat untuk peran tersebut, banyak orang di sekitarnya tidak pernah melihat daya tarik nasional pada mantan eksekutif perangkat lunak yang relatif tidak dikenal dari North Dakota tersebut. Sementara itu, Trump menutup pintu bagi Rubio karena kekhawatiran tentang tempat tinggal mereka bersama di Florida. Trump telah lama mengkhawatirkan sistem hukum yang digunakan untuk melawannya dan kekhawatiran itu menggema dalam dirinya beberapa hari terakhir, bahkan ketika sekutu Rubio bersikeras bahwa tidak akan menjadi masalah bagi senator tersebut untuk pindah ke tempat lain.

BACA JUGA:Donald Trump Dikabarkan Ditembak, 1 Orang Tewas

Pada akhirnya, tingkat kenyamanan Trump dengan Vance menang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: