Iklan dempo dalam berita

Ini Jenis Kopi yang Bagus Dikonsumsi, Bantu Turunkan Risiko Asam Urat

Ini Jenis Kopi yang Bagus Dikonsumsi, Bantu Turunkan Risiko Asam Urat

Jenis Kopi Untuk Asam Urat--

Selain itu, kopi juga dipercaya dapat menurunkan laju pembentukan asam urat di dalam tubuh.

Mengonsumsi kopi juga dikaitkan dengan tingkat asam urat yang lebih rendah dan frekuensi hiperurisemia yang lebih sedikit. Hiperurisemia adalah kondisi di mana terjadi penumpukan asam urat di dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa orang yang minum kopi dalam jumlah banyak setiap harinya memiliki kadar asam urat yang lebih rendah.
Dari sini dapat disimpulkan bahwa ada senyawa tertentu dalam kopi yang berperan dalam menurunkan kadar asam urat.

BACA JUGA:Kepedulian Terhadap Lingkungan, Kevin Lilliana Ajak Anak Muda Terapkan Nilai Pancasila

Jika masih ada pertanyaan terkait manfaat kopi untuk asam urat, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc.

Dengan mengunduh aplikasi ini di smartphone, kamu bisa mendapatkan akses kesehatan yang mudah tanpa harus keluar rumah.

Salah satu jenis kopi yang disarankan untuk penderita asam urat adalah kopi arabika. Kandungan kafein dalam biji kopi arabika mentah sekitar 1,2%, membuatnya lebih aman untuk dikonsumsi karena kadar kafein yang lebih rendah dibandingkan jenis kopi lainnya.

Kebanyakan asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui ginjal dalam bentuk urin. Jika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau tidak membuangnya dengan cukup, kadar asam urat dalam darah bisa meningkat, menyebabkan hiperurisemia.

Ada beberapa alasan mengapa kopi arabika dapat memberikan efek perlindungan terhadap penumpukan asam urat. Salah satu hal yang perlu diketahui adalah cara kerja obat tertentu yang digunakan untuk menurunkan kadar asam urat.

Ada dua jenis obat yang mungkin diresepkan oleh dokter, yaitu inhibitor xantin oksidase dan urikosurik.
Obat inhibitor xantin oksidase membantu tubuh memetabolisme purin, yang merupakan sumber asam urat. Dengan menghambat enzim ini, kadar asam urat dapat dijaga tetap rendah.

BACA JUGA:Mitsubishi Luncurkan Triton Black Edition 2024, Tampil Tangguh dan Sporty, Segini Harganya

Kafein, yang juga mengandung metil xantin, dipercaya dapat bersaing dan memblokir xantin oksidase, sehingga membantu mencegah penyakit asam urat.

Uricosurics adalah obat lainnya yang berguna untuk membantu ginjal membersihkan asam urat dari tubuh. Meskipun kandungan kafein dalam kopi belum dianggap seefektif obat ini, kopi tetap memiliki fungsi serupa dalam membantu pembersihan asam urat.

Selain itu, polifenol dalam kopi juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang baik untuk menurunkan ekskresi natrium dan asam urat pada ginjal.

Manfaat Lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: