Iklan dempo dalam berita

Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Berapa Harta Kekayaan Erwan Setiawan?

Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Berapa Harta Kekayaan Erwan Setiawan?

Erwan Setiawan--

Di sela-sela mengenyam pendidikan, Erwan Setiawan juga merintis usaha. Dia mendirikan CV Ganeca Kiara dan menjadi direkturnya hingga kini.

BACA JUGA:Viral se-Jagad Raya, Ini Profil Udin Irchamna, Anggota Dewan yang Bermodal 78 Suara

Erwan Setiawan Memulai Karier Politik

Erwan Setiawan memulai karier politiknya dengan menjadi kader Partai Demokrat. Dia mencalonkan diri pada Pemilihan Legislatif 2009 dan menang. Dia dilantik menjadi Anggota DPRD Kota Bandung Periode 2009-2014. Dia pun ditahbiskan menjadi Ketua DPRD Kota Bandung.

Menjelang masa akhir jabatannya sebagai dewan, dia bertarung di Pilkada Kota Bandung 2013. Saat itu, dia berpasangan dengan Siswandi. Namun, takdir belum memihak. Pasangan Ridwan Kamil-Oded M Danial adalah pemenangnya.

Pada 2014-2019, Erwan kembali ke DPRD. Dia terpilih kembali sebagai Anggota DPRD Kota Bandung dan duduk di Komisi C, hingga setahun sebelum jabatannya beres, ada pinangan dari Sumedang.

Pada 2018, Dony Ahmad Munir, politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggandengnya untuk menjadi calon Wakil Bupati Sumedang dan menang.

BACA JUGA:Kembali Melangkah ke Panggung Politik, Intip Harta Kekayaan Al Haris Bakal Calon Gubernur Jambi

Pasangan ini memimpin pada periode 2018-2023. Covid-19 melanda, dan masa kepemimpinan itu terganggu fokusnya dengan pemulihan warga dari wabah tersebut.

Pada saat menjadi Wabup Sumedang, Erwan Setiawan berseberangan paham dengan Partai Demokrat, pemicunya adalah Musda Partai Demokrat Jawa Barat. Sehingga dia memutuskan untuk keluar.

Sebentar tak berpartai, Erwan kemudian santer disebut-sebut masuk Partai Golkar. Isu itu kemudian nyata, Erwan menjadi kader Partai Golkar.

Menghadapi Pilpres dan Pileg 2024, Erwan diminta untuk menjadi Tim Kampanye Daerah (TKD) Pemenangan Prabowo-Gibran.

BACA JUGA:Pembelian Dibatasi, Ini Daftar Mobil Toyota yang Tak Boleh Minum Pertalite

Di Sumedang, pasangan presiden dan wakil presiden itu menang telak. Partai Golkar juga meraih 10 kursi di DPRD Sumedang dan menjadi partai pemenang Pileg Sumedang 2024.

Dengan basis 10 kursi itu, tadinya Erwan akan mencalonkan diri sebagai Bupati Sumedang, namun politik yang kedinamisannya sekejapan mata, berkata lain. Erwan Setiawan harus naik ke Pilkada tingkat Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: