Iklan dempo dalam berita

Jika Terlanjur Melakukan Riba, Berikut Cara Membersihkan Harta dari Dosa Riba

Jika Terlanjur Melakukan Riba, Berikut Cara Membersihkan Harta dari Dosa Riba

Beberapa cara untuk terhindar dari riba--

 

3. Mulai Mencari Harta yang Halal

Selain berasal dari berbagai transaksi ribawi, harta riba seringkali juga berasal dari bank. Meskipun sudah mencari pekerjaan lain yang mengalirkan harta halal, seringkali masih ada sisa bunga yang mengendap di bank. Saat demikian jangan sampai mengambilnya.

 

Syaikh Al-Utsaimin dalam hal ini melarang keras penggunaan sisa harta riba meski sedikit. Walaupun sedikit harta tersebut tetap haram.

BACA JUGA:Kabar Gembira untuk Petani Sawit, Harga TBS Bulan Juli Naik

 

Dalam kitab Al-Adabusy Syar’iyah Juz 1 halaman 188 Syaikh Syamsuddin Al-Muqdisi menyatakan,

 

“Sungguh apabila seorang hamba melakukan dosa, maka akan ditulis dalam hatinya sebuah titik hitam. Kemudian jika kembali melakukan dosa maka akan ditulis lagi dalam hatinya sebuah titik hitam. Sampai hatinya tersisa menjadi hitam selamanya. Dia tak akan mengetahui kebenaran dan dia juga tak akan ingkar pada kemungkaran.”

 

4. Terus Meningkatkan Ketakwaan 

Cara menghindari perbuatan riba yang paling ampuh adalah dengan terus berusaha bertakwa. Untuk bisa melakukan ketakwaan, maka kaitannya dengan ilmu dan pengetahuan. 

 

Dengan demikian untuk mencapai takwa perlu terus belajar ilmu agama. Saat Allah telah menilai seseorang bertakwa, pertolongannya sangat luas termasuk dalam harta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: