Iklan dempo dalam berita

Mau Jadi Reseller? Intip Dulu Tipsnya di Sini, Modal Kecil Bisa Untung Besar

Mau Jadi Reseller? Intip Dulu Tipsnya di Sini, Modal Kecil Bisa Untung Besar

Mau Jadi Reseller? Intip Dulu Tipsnya di Sini, Modal Kecil Bisa Untung Besar--

Jika kamu tertarik untuk menjadi reseller, berikut ada 8 cara yang bisa kamu coba. Simak ya!

1. Tentukan produk yang akan dijual

Pilihan produk yang bisa kamu jual tentunya ada banyak. Untuk itu, reseller harus memilih produk dengan hati-hati agar bisnis dan penjualan dapat berjalan lancar. Untuk menentukannya, kamu perlu melakukan riset terkait produk yang banyak peminatnya, dapat mendatangkan keuntungan yang sesuai, dan produk yang mudah dijual. 

Berbeda dengan dropshipper yang tidak terlibat dalam proses pengemasan dan pengiriman barang, reseller terlibat dalam proses tersebut. Karena itu, pilih produk yang mudah dijual, dikemas, dan dikirim. Kamu bisa melakukan riset secara online melalui internet dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin.

BACA JUGA:Punya Modal Nganggur? Ini 8 Ide Usaha Modal Rp20 Jutaan, Pasti Untung Banyak

Kamu juga bisa melakukan riset keyword menggunakan tools seperti Semrush atau Ubersuggest, melihat tren melalui media sosial, dan menggunakan bantuan Google Trends untuk melihat trend dalam kurun waktu tertentu.

2. Lakukan riset kompetitor

Setelah menentukan produk yang ingin kamu jual, jangan lupa untuk melakukan riset kompetitor. Perhatikan bagaimana mereka memasarkan produk, berinteraksi dengan audiens atau pembeli, harga yang mereka berikan, dan lainnya. Karena, orang yang menjalankan bisnis reseller tentu ada sangat banyak untuk satu niche atau produk yang sama. Selain itu, dengan riset kompetitor, kamu dapat mempelajari kelemahan dan kelebihan mereka. Mengambil peluang dari kelemahan dan belajar dari kelebihan atau hal-hal baik yang dilakukan kompetitor dan berdampak positif bagi berjalannya bisnis.

BACA JUGA:7 Ide Usaha Modal Kecil Untung Jutaan Rupiah, Tertarik Mencoba?

3. Pilih supplier yang terpercaya

Sebagai reseller, tentu saja kamu perlu membeli barang dari supplier yang terpercaya. Memilih supplier atau pemasok harus dilakukan dengan hati-hati. Kamu dapat menuliskan daftar beberapa supplier potensial, lalu membandingkan berbagai aspek dari semua supplier. Misalnya, kualitas produk, cara berkomunikasi dengan supplier, harga yang ditawarkan, proses pengiriman, jumlah minimal pembelian, dan benefit lain yang mungkin kamu dapatkan. Kemudian, pilih satu yang terbaik dan menawarkan benefit yang sesuai menurutmu.

Kualitas produk merupakan hal yang penting. Pilih supplier yang memberikan produk berkualitas agar tidak mendapat komplain dari konsumen. Pastikan untuk mengecek identitas supplier dengan teliti untuk meminimalisir terjadinya penipuan.

BACA JUGA:Cepat Panen dan Untung Ratusan Juta Sekali Panen, Ini 6 Ide Usaha Pertanian yang Bisa Dicoba

4. Tentukan media untuk berjualan

Media penjualan yang bisa kamu gunakan saat ini ada banyak. Bisa melalui website, e-commerce, atau media sosial. Saat ini, banyak orang yang berjualan di e-commerce. Pilihannya juga beragam, ada Shopee, Blibli, Lazada, Tokopedia, dan lainnya. Tentukan media yang paling kamu pahami dan sesuai dengan target market. Apabila kamu berencana berjualan di e-commerce, jangan lupa untuk mempelajari setiap e-commerce terlebih dahulu ya. Ketahui fitur yang disediakan, metode pembayaran, biaya admin, dan pajak yang harus dibayarkan penjual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: