Iklan dempo dalam berita

Sering Dianggap Sajian Kampung, Ternyata Singkong Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Sering Dianggap Sajian Kampung, Ternyata Singkong Banyak Manfaat untuk Kesehatan

manfaat singkong untuk kesehatan--

BACA JUGA:Bocoran Soal PPPK Nakes Bidan dan Perawat 2023, Termasuk Mitra Statistik BPS

Singkong memiliki kandungan flavonoid dan serat yang dapat melindungi tubuh dari berkembangnya sindrom metabolik dan komplikasi terkait lainnya.

Manfaat ubi kayu ini menjadi lebih efektif ketika dijadikan pangan utama pengganti nasi atau gandum.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Singkong kaya akan vitamin C, sehingga salah satu manfaatnya adalah dapat membantu penyembuhan luka lebih cepat.

Dengan kandungan 31 mg vitamin C dalam 100 gram, jumlah ini cukup untuk memenuhi sekitar 34 persen kebutuhan harian orang dewasa. Vitamin C memiliki peran esensial untuk tubuh dalam membentuk kolagen yang berfungsi membangun komponen jaringan kulit.

Vitamin C tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga mendapatkan cukup vitamin C dari makanan mempengaruhi kemampuan tubuh memperperbaiki diri sendiri.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Dalam 100 gram singkong juga terkandung potasium yang memenuhi sekitar 6% kebutuhan harian. Kandungannya yang tinggi potasium ini mampu menurunkan tekanan darah dengan membantu menyeimbangkan kadar garam dalam darah.

BACA JUGA:Liburan Akhir Tahun, Ini 3 Tips Agar Dapat Promo Akhir Tahun, Mulai dari Tiket Pesawat Hingga Penginapan

Sebagai sumber potasium yang cukup tinggi, selain pisang dan kentang, singkong adalah pilihan tepat dimasukkan dalam menu makanan sehari-hari.

Khususnya bagi penderita hipertensi atau bagi yang ingin menjaga tekanan darah stabil.

5. Cocok untuk Diet

Sebagai salah satu alternatif makanan pokok, manfaat singkong memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sehingga jika sedang dalam program diet atau menginginkan pola makan lebih sehat, manfaat singkong sebagai alternatif sumber karbohidrat dan serat patut dipertimbangkan.

Hasil penelitian di The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa serat dan pati yang berasal dari umbi-umbian meningkatkan bakteri pencernaan yang lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: