Iklan dempo dalam berita

Ternyata Bukan Cuma Permen yang Merusak Gigi, Buah yang Mengandung Asam Bisa Sebabkan Gigi Rusak

Ternyata Bukan Cuma Permen yang Merusak Gigi, Buah yang Mengandung Asam Bisa Sebabkan Gigi Rusak

--

3. Alkohol

Sering minum alkohol termasuk salah satu kebiasaan yang merusak gigi. Soalnya, alkohol membuat mulut jadi kering. Padahal, air liur atau saliva sangat diperlukan untuk melindungi gigi dari gejala kerusakan.

Air liur di dalam rongga mulut memiliki berbagai fungsi. Salah satunya, adalah sebagai pembersih alami rongga mulut. Jika mulut kering atau produksi air liur menurun, maka fungsi tersebut tidak bisa berjalan dengan baik.

Untuk itu, segera konsumsi air putih dan sikat gigi usai mengonsumsi alkohol.

BACA JUGA:Biaya Dokter Mahal, ini 16 Tanaman Obat yang Wajib di Tanam

4. Keripik

Bersantai sembari mengonsumsi keripik memang seru. Namun masalahnya, keseruan ini tidak selamanya baik untuk gigi. Keripik juga jadi makanan penyebab gigi berlubang yang perlu dibatasi.

Kandungan tepung pada keripik kentang ternyata bisa jadi merusak gigi. Ketika dicerna, tepung akan menjadi gula yang terperangkap di antara gigi dan dapat menimbulkan plak. Apalagi, mengonsumsi keripik jarang dalam jumlah sedikit.

BACA JUGA:Gigi Kuning Bikin Gak Percaya Diri, Begini Cara Merawatnya agar Tetap Putih dan Sehat

5. Buah kering

Buah kering memang bisa jadi alternatif cemilan sehat. Namun, kamu juga perlu waspada akan dampaknya pada gigi. Pasalnya, buah-buahan kering seperti aprikot, kismis, prune, dan lainnya, rentan melekat di gigi, jadi rentan memicu gigi keropos.

6. Minuman bersoda

Minuman bersoda banyak disukai karena rasanya yang enak dan menyegarkan. Padahal, minuman bersoda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi sehinggadapat merusak gigi.

Sebagian besar minuman bersoda mengandung asam fosfat dan asam sitrat yang dapat mengikis enamel gigi. Beberapa minuman bersoda juga mengandung kafein yang bisa memberikan efek kering di mulut.

BACA JUGA:Sakit Gigi Tak Kunjung Sembuh? Coba Konsumsi Merek Air Mineral pH Tinggi Berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: