Iklan dempo dalam berita

3 Tips Pola Hidup Sehat Buat Kaum Remaja Supaya Kesehatan Mental dan Fisik Seimbang, Masa Depan Ceria

3 Tips Pola Hidup Sehat Buat Kaum Remaja Supaya Kesehatan Mental dan Fisik Seimbang, Masa Depan Ceria

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Remaja dimengerti sebagai individu yang berada pada masa peralihan dari masa kanak ke masa dewasa, atau kelompok usia 10 tahun sampai sebelum berusia 18 tahun. Ini merupakan fase penting dalam kehidupan, yang mana merupakan masa- masa untuk bisa mencoba banyak hal seperti mencoba tantangan baru dan mencoba aktivitas yang nantinya dapat berguna bagi karir maupun kesehatan di kemudian hari.

Upayakan selalu untuk menjaga kesehatan remaja dan mempersiapkan diri untuk menjadi orang dewasa yang sehat, cerdas, berkualitas, dan produktif dan berperan serta dalam menjaga, mempertahankan dan meningkatkan kesehatan dirinya. Kesehatan remaja merupakan hal yang sangat penting diperhatikan karena pada masa ini remaja mengalami perubahan fisik, psikologis, dan sosial yang signifikan.

BACA JUGA:Konsumsi Makanan Ini Selama Kehamilan agar Bayi Lahir Putih Bersih

Remaja juga perlu memiliki kesehatan mental dan emosional yang baik, serta kemampuan untuk mengambil keputusan yang baik dan bertanggung jawab atas tindakan mereka. Pola makan yang sehat dan bergizi sangat penting bagi kesehatan remaja.

Orangtua dan remaja sendiri perlu memperhatikan asupan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka.

BACA JUGA:Selain Enak Susu Kacang Almond Juga Memiliki Banyak Manfaat Loh Buat Tubuh Kamu

Kementerian Kesehatan RI menekankan bahwa kesehatan remaja sangat dipengaruhi oleh pola makan yang sehat, aktivitas fisik yang teratur. Remaja yang sehat ditandai dengan berat badan, tinggi badan, dan indeks massa tubuh yang sesuai dengan usianya.

Tubuh yang sehat bagi para generasi penerus bangsa, khususnya yang berada di kelompok umur remaja juga mendapatkan perhatian khusus dari Kementerian Kesehatan. Gerakan Aksi Bergizi di Sekolah merupakan salah satu upaya untuk terciptanya generasi penerus yang sehat dan berkualitas. 

Tidak lupa juga untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan bersegera dalam melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit, agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin.

BACA JUGA:Pastikan Skincare Anda Terbebas dari Merkuri, Seperti Ini Bahayanya jika Terkontaminasi

Namun saat ini, masalah kesehatan remaja sering menjadi pusat perhatian dikalangan masyarakat dan menjadi penghalang untuk melakukan itu semua. Hal ini dapat dilihat dari penerapan perilaku hidup yang tidak sehat sebab seringnya jajan sembarangan, tidak minum air putih secara cukup dan begadang untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Bahkan banyak juga penyakit serius akibat perilaku  yang kurang baik yang dimulai sejak masa remaja contohnya merokok, penyakit menular seksual, penyalahgunaan narkotika, alkohol, psikotropika, dan zat adiktif lainnya dan kurangnya berolahraga.

Melihat kondisi tersebut, memperbaiki gaya hidup agar bisa menerapkan perilaku hidup sehat merupakan hal yang perlu untuk dilakukan agar masalah kesehatan tidak mengganggu proses eksplorasi dan pencarian jati diri pada remaja.

BACA JUGA:Cara Mengolah Tanaman Obat Kunyit, Terbukti Ampuh Tuntaskan Problem Kaum Hawa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: