Iklan dempo dalam berita

Konsumsi Air Kelapa Untuk Demam Pada Anak Bisa Menurunkan Panas, Benarkah?

Konsumsi Air Kelapa Untuk Demam Pada Anak Bisa Menurunkan Panas, Benarkah?

Konsumsi Air Kelapa Untuk Demam Pada Anak--Foto: ist

Air kelapa dipercaya membantu mengelola manajemen gula darah pada hewan diabetes. Tetapi, penelitian serupa pada manusia masih kurang. Meski demikian, air kelapa juga mengandung magnesium.

Magnesium akan membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu juga membantu menurunkan kadar gula darah pada diabetes tipe 2 dan pra diabetes.

Diketahui, air kelapa mengandung karbohidrat. Namun, tubuh kita mengubah karbohidrat menjadi gula. Jika kamu menderita diabetes, kamu perlu bicarakan dengan ahli kesehatan sebelum memasukkan air kelapa ke dalam makanan kamu ya.

BACA JUGA:Ingat, Jangan Pernah Konsumsi Air Kelapa Muda Sehabis Minum Obat Ini, Apalagi Pemilik Darah Rendah

5. Mungkin Menurunkan Kolesterol

Trigliserida (TG) merupakan jenis lemak yang ada dalam darah. Kelebihan kalori akan diubah menjadi trigliserida dalam tubuh, yang disimpan sebagai sel lemak.

Tetapi memiliki banyak TG dalam darah bisa meningkatkan risiko penyakit. Sebuah penelitian tahun 2019 oleh Siti Thomas Zulaikhah dari Universitas Islam Sultan Agung, menunjukkan bahwa air kelapa mampu menurunkan TG dan asam lemak bebas pada tikus. Selain itu, terjadi juga penurunan kolesterol total dan low-density lipid (kolesterol jahat).

BACA JUGA: Air Kelapa Bisa untuk Diet Turunkan Berat Badan, Begini Tips Mengonsumsinya

Di sisi lain, air kelapa juga meningkatkan high-density lipid (kolesterol baik). Hal ini menunjukkan kalau kelapa cenderung meningkatkan kadar kolesterol dan lipid darah. Artinya, air kelapa bisa membantu mengelola berbagai penyakit. Namun, data penelitian itu dilakukan pada hewan. Sehingga, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut pada manusia.

6. Baik untuk Kesehatan Jantung

Air kelapa meningkatkan kadar high-density lipoprotein. Tingginya kadar high-density lipoprotein itu, akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Dalam penelitian tahun 2019 oleh Siti Thomas Zulaikhah, menunjukkan kalau air kelapa memiliki efek perlindungan jantung pada tikus. Air kelapa tersebut mampu melindungi tikus dari perkembangan infark miokard atau serangan jantung.

BACA JUGA:3 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Cacar Air dalam Sekejab, Salah Satunya Menggunakan Air Kelapa

7. Mengatur Keseimbangan Cairan dan Elektrolit dalam Tubuh

Sebagian besar orang kekurangan kebutuhan kalium harian. Kandungan kalium pada air kelapa membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: