Iklan dempo dalam berita

Bumil Boleh Coba! Ini 5 Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil, Salah Satunya Menjaga Konsentrasi dan Suasana Hati

Bumil Boleh Coba! Ini 5 Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil, Salah Satunya Menjaga Konsentrasi dan Suasana Hati

5 Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil, Salah Satunya Menjaga Konsentrasi dan Suasana Hati--

BACA JUGA:Jangan Lewatkan Tiga Waktu Mustajab Untuk Berdoa Saat Bulan Ramadan, Ini Kata Khalid Basalamah

Agar mendapatkan manfaat puasa bagi ibu hamil secara optimal, Anda disarankan untuk menjalani puasa sebaik mungkin dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini

1. Pastikan kebutuhan cairan tubuh tetap tercukupi dengan memperbanyak minum air putih dan mengonsumsi buah segar saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini penting untuk menjaga hidrasi tubuh yang optimal selama menjalani puasa.

BACA JUGA:Apakah Mimisan Bisa Membatalkan Puasa? Lihat Kondisinya dan Begini Penjelasannya

2. Konsumsilah makanan sehat dengan gizi seimbang saat sahur dan berbuka. Makanan sehat yang terdiri dari 50% karbohidrat, 25% protein, 10–15% lemak sehat, serta vitamin dan mineral akan memberikan energi dan nutrisi yang cukup bagi ibu hamil dan janinnya.

BACA JUGA:Pahami Jangan Sampai Batal! Ini Hal yang Membatalkan Puasa Bulan Ramadhan

3. Perbanyaklah konsumsi makanan tinggi serat untuk mencegah terjadinya sembelit pada ibu hamil. Serat dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko sembelit yang sering terjadi selama kehamilan.

BACA JUGA:Kumpulan Doa Bulan Ramadhan Penuh Berkah, Ada Doa agar Amalan Bulan Puasa Diterima Allah SWT

4. Hindarilah konsumsi kafein berlebih. Kafein dapat menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan produksi asam lambung, yang dapat memperburuk kondisi ibu hamil selama berpuasa.

5. Jauhilah makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi, karena konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang tidak stabil pada ibu hamil.

BACA JUGA:Perbedaan Shalat Tarawih 20 Rakaat dan 8 Rakaat? Mana yang Lebih Dianjurkan Ulama?

6. Batasi aktivitas fisik yang berat selama menjalani puasa, untuk menghindari kelelahan berlebihan dan menjaga kesehatan ibu hamil serta janinnya.

7. Segera batalkan puasa apabila mengalami morning sickness atau gejala dehidrasi seperti pusing, lelah, serta urine berwarna kuning pekat atau gelap.

Kesehatan ibu hamil dan janinnya harus menjadi prioritas utama, sehingga jika kondisi tidak memungkinkan untuk melanjutkan puasa, lebih baik segera membatalkannya demi menjaga kesehatan yang optimal.

BACA JUGA:Keutamaan Shalat Tarawih Malam ke 1 Sampai ke 10, Salah Satunya Pahala Seperti Shalat di Masjidil Haram

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: