Iklan dempo dalam berita

Jangan Sampai Pahala Puasa Hilang! Berikut Penjelasan dan Penyebab Hilangnya Pahala Ramadhan

Jangan Sampai Pahala Puasa Hilang! Berikut Penjelasan dan Penyebab Hilangnya Pahala Ramadhan

Penyebab hilangnya pahala puasa ramadhan--

BACA JUGA:Ini Syarat KTA Line Bank, Kenali Juga Keuntungan, hingga Tips agar Meningkatkan Peluang Pengajuan Disetujui

Bahkan, jika seseorang sampai menyebut nama Allah SWT di awal sumpahnya, maka perbuatan tersebut termasuk salah satu dari tiga dosa besar. Larangan atas sumpah palsu dijelaskan dalam Al-Quran surah Ali Imran ayat 77 yang menyatakan: "Sesungguhnya orang-orang yang menukar janjinya [dengan] Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit, mereka itu tidak mendapat bagian [pahala] di akhirat, dan Allah tidak akan berkata-kata dengan mereka dan tidak akan melihat kepada mereka pada hari kiamat dan tidak [pula] akan mensucikan mereka. Bagi mereka azab yang pedih," (Ali Imran [3]: 77).

5. Tidak Menjaga Mata dari Syahwat

Tidak menjaga mata dari syahwat juga dapat merusak pahala puasa seseorang. Orang yang membiarkan syahwatnya berkembang saat berpuasa akan membuat pahala puasanya gugur, sehingga yang tersisa hanyalah rasa lapar dan haus.

BACA JUGA:Pinjaman Bank Digital, Perbedaan Quick Credit dan KTA Line Bank, Syarat,Limit dan Bunga Pinjaman

Salah satu sumber syahwat utama adalah pandangan mata. Jika seseorang tidak menahan pandangannya dari hal-hal yang tidak halal, maka ibadah puasanya akan tercemar. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Pandangan merupakan salah satu anak panah iblis," (HR. Al-Hakim dan Thabrani).

Selain dari hadis tentang lima hal yang merusak pahala puasa, terdapat juga hal-hal lain yang membatalkan pahala puasa dan merusak ibadah tersebut. Beberapa di antaranya adalah:

1. Membuang waktu dengan hal yang tidak bermanfaat atau produktif, seperti menonton acara televisi yang tidak mendidik atau bermain game sepanjang hari.

2. Marah dan mengeluarkan kata-kata kasar yang menyakiti hati orang lain, bertentangan dengan nilai-nilai agama.

3. Memiliki niat buruk saat berpuasa, seperti hanya untuk menunjukkan kepada orang lain atau hanya karena tradisi.

4. Bertindak keji kepada orang lain atau melakukan pelanggaran hukum yang bertentangan dengan ajaran agama.

BACA JUGA:Tabel Pinjaman Line Bank, Plafon Rp 10 Juta Cicilan Per bulan Hanya Rp 900 Ribuan, Cek Syarat dan Cara Ajukan

Selain dari hal-hal yang merusak pahala puasa, terdapat juga beberapa tindakan yang secara langsung membatalkan puasa seseorang. Beberapa hal tersebut dijelaskan sebagai berikut:

1. Makan Minum di Siang Hari dengan Sengaja

Memakan atau minum dengan sengaja selama waktu puasa Ramadan akan membatalkan puasa. Sebagaimana yang disebutkan dalam kitab "Tuntunan Ibadah Pada Bulan Ramadhan" yang disusun oleh Majlis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, makan dan minum dengan sengaja di siang hari bulan Ramadan adalah hal pertama yang membuat seseorang batal puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: