Iklan dempo dalam berita

Paspor Indonesia Resmi Ganti Warna 17 Agustus 2024, Apa Alasan Paspor RI Diganti?

Paspor Indonesia Resmi Ganti Warna 17 Agustus 2024, Apa Alasan Paspor RI Diganti?

Paspor Indonesia akan ganti warna --

Seperti dikutip dari buku Sejarah Terlengkap Nabi Muhammad SAW: Dari Sebelum Masa Kenabian hingga Sesudahnya, karangan Abdurrahman bin Abdul Karim.

Nabi Muhammad SAW menyukai warna hijau, karena merupakan warna surga. Selain warna hijau, ada warna lain yang disukai Nabi Muhammad SAW. 

BACA JUGA:Cek Daftar Lengkap Moda Kemenhub Mudik Gratis 2024 Naik Kapal, Bus dan Kereta Api

Hal ini ini dapat diketahui dari pakaian yang dikenakan Nabi Muhammad SAW. Pakaian yang pernah dipakai Nabi Muhammad SAW berwarna hitam, putih, merah, dan hijau.

Tak hanya itu, warna hijau yang merupakan simbol alam dan kehidupan juga melambangkan Indonesia yang kaya akan alam yang indah.

Menariknya, Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang menggunakan warna hijau pada paspornya. 

Sebagian besar negara-negara mayoritas penduduk Muslim lainnya, seperti Maroko dan Arab Saudi, juga memiliki warna serupa.

Beberapa negara di Afrika Barat juga memilih warna hijau untuk paspor seperti, Burkina Faso, Nigeria, Pantai Gading, dan Senegal.

BACA JUGA:Kemenhub Tambah 10.000 Kursi Bus untuk Mudik Gratis 2024, Catat Jadwal dan Cara Daftarnya

Selain itu, negara yang memakai paspor hijau juga melambangkan ECOWAS (the Economic Community of West African States).

Setiap negara bebas memilih warna yang akan digunakan untuk paspor negaranya. Bahkan, ada beberapa negara yang mengganti warna paspornya di kemudian hari. 

Salah satu contohnya adalah sampul paspor AS, misalnya berubah dari merah, hijau, dan kemudian dari tahun 1976 hingga kini berwarna biru.

Tidak ada aturan resmi yang mengatur tentang pemilihan warna paspor. Hanya saja, menurut International Civil Association Organization (ICAO), terdapat regulasi yang mengatur tentang jenis huruf, ukuran dan font untuk paspor yang dapat dibaca di machine readable travel documents atau MRTD yang ada di pintu-pintu imigrasi tiap negara.

BACA JUGA:Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 66 Segera Dibuka, Berikut Jadwal dan Syarat Pendaftarannya

Demikian informasi tentang paspor Indonesia resmi ganti warna 17 Agustus 2024 dan apa alasannya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: