Iklan dempo dalam berita

Mengenal Sosok Mbah Benu, Hebohkan Media Sosial dengan Sholat Ied Lebih Dulu 5 Hari dari Perkiraan Pemerintah

Mengenal Sosok Mbah Benu, Hebohkan Media Sosial dengan Sholat Ied Lebih Dulu 5 Hari dari Perkiraan Pemerintah

Mengenal Sosok Mbah Benu,--

BACA JUGA:Begini Asal-usul Jamaah Aolia di Gunung Kidul yang Memilih Lebaran Duluan, Ini Cara Mereka Menentukan 1 Syawal

Meski demikian, Jemaah Aolia mengaku bukanlah sebuah organisasi. Ada pun aliran yang dianut tetap Ahlus Sunnah Wal Jamaah. Kumpulan yang mulanya berasal dari jemaah Masjid Aolia ini telah eksis semenjak 1983.

Sosok Mbah Benu diistimewakan bagi Jemaah Aolia. Ia dipercaya memiliki keilmuan laduni yang turun tiba-tiba. Konsep ilmu laduni yaitu pengetahuan diberikan langsung kepada seseorang dari Allah.

BACA JUGA:Informasi Penting. ini Rekayasa Lalu Lintas Kawasan Wisata Pantai Panjang Bengkulu Selama Libur Lebaran 1445 H

Mbah Benu pernah nyantri di Pesantren Mbulus yang berada di daerah Maron Purworejo. Guru-gurunya antara lain Gus Jogo Rekso dari Muntilan, Syech Jumadil Kubro yang dimakamkan di Gunung Turgi, dan Sunan Pandanaran dari Klaten.

Jemaah Aolia menganut aliran Ahlussunah Wal Jamaah, yaitu mengikuti dan berpegang teguh dengan sunah Nabi serta sunah khulafaurrasyidin setelahnya. Musa mengaku bahwa Jemaah Aolia sudah ada cukup lama sebelum dirinya lahir.

BACA JUGA:7 Cara Aman Bawa Anak atau Bayi Mudik Lebaran Naik Motor, Dijamin Anteng dan Nggak Rewel

Hingga saat ini, Jemaah Aolia tersebar di berbagai daerah, khususnya Jawa Tengah dan DIY. Bahkan, tak bisa terhitung dengan pasti karena jumlah mereka yang sangat banyak.

Kepala Dusun Panggang III, Agung Setiawan, menyebut jamaah Aolia di daerahnya sudah ada sejak lama. Menurut dia, terdapat sekitar 190 kepala keluarga (KK), dari total 244 KK di daerahnya, yang merupakan jamaah Masjid Aolia.

BACA JUGA:Jenis Oli Motor yang Cocok untuk Mudik Lebaran, Ini 10 Rekomendasi Terbaik, Lihat Tingkat Kekentalan

Berikut beberapa fakta tentang Jamaah Aolia yang perlu diketahui:

1. Asal Usul di Gunungkidul 

Jamaah Aolia, yang juga dikenal sebagai Jamaah Masjid Aolia, berasal dari wilayah Kapanewon Panggang di Gunungkidul. Banyak keluarga di sekitar wilayah ini mengikuti ajaran Islam Jamaah Aolia. Ribuan jamaah tersebar di seluruh wilayah Kepala Dusun Panggang II.

BACA JUGA:Ini Jenis Kartu dan E-Wallet yang Bisa Dipakai untuk Bayar Tol saat Mudik Lebaran

2. Penentuan Waktu Puasa dan Idul Fitri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: