Iklan dempo dalam berita

Mulai dari Emas Hingga Batu Bara, Ini 10 Tambang Terbesar yang Ada di Indonesia

Mulai dari Emas Hingga Batu Bara, Ini 10 Tambang Terbesar yang Ada di Indonesia

Mulai dari Emas Hingga Batu Bara, Ini 10 Tambang Terbesar yang Ada di Indonesia--Foto: ist

Didirikan pada tahun 1976, PT Timah adalah BUMN yang bergerak dalam penambangan timah. Kegiatannya meliputi eksplorasi, penambangan, pengolahan, dan pemasaran timah. Berbasis di Pangkalpinang, Bangka Belitung, perusahaan ini juga aktif di bidang pertambangan, industri, perdagangan, pengangkutan, dan jasa. PT Timah telah terdaftar di bursa efek sejak 1995 dengan kode saham TINS, menarik banyak investor.

5. PT Adaro Energy Tbk (ADRO)

Perusahaan ini berfokus pada penambangan batu bara dan didirikan oleh keluarga Thohir pada tahun 1966. Adaro Energy juga menawarkan layanan kontraktor penambangan, infrastruktur, logistik batu bara, dan kegiatan pembangkit tenaga listrik. Perusahaan ini resmi IPO pada tahun 2008 dengan kode saham ADRO dan memiliki lokasi tambang di Tutupan, Paringin, dan Wara, memulai operasi komersialnya pada Juli 2005.

BACA JUGA:Wajar di Sumatera Utara Banyak Orang Kaya, Ada Harta Karun Emas Jutaan Ons per Tahun

6. PT Bukit Asam Tbk (PTBA)

PT Bukit Asam, yang berfokus pada penambangan batu bara, merupakan anak perusahaan MIND ID. Didirikan pada tahun 1950 sebagai Perusahaan Negara Tambang Arang Bukit Asam, perusahaan ini menjadi PT Bukit Asam pada 1981 dan telah terdaftar di bursa efek sejak tahun 2002 dengan kode saham PTBA.

7. PT Vale Indonesia Tbk (INCO)

PT Vale Indonesia Tbk, yang berdiri pada 25 Juli 1968, merupakan perusahaan tambang nikel terkemuka di Indonesia. Awalnya beroperasi di bawah Kontrak Karya, PT Vale berfokus pada penambangan dan pengolahan nikel terintegrasi di Blok Sorowako, Sulawesi Selatan. Perusahaan ini adalah bagian dari Vale, perusahaan multitambang terbesar asal Brasil dan telah go public sejak tahun 1990 dengan kode saham INCO.

BACA JUGA:Wajar di Sumatera Utara Banyak Orang Kaya, Ada Harta Karun Emas Jutaan Ons per Tahun

8. PT Bayan Resources Tbk (BYAN)

PT Bayan Resources Tbk, yang didirikan pada 7 Oktober 2004, adalah pemain besar dalam industri batu bara. Pemegang saham utamanya adalah DR. Low Tuck Kwong. Bayan Resources terkenal karena menjadi saham termahal di bursa efek pada satu titik. Perusahaan ini beroperasi di bidang holding, perdagangan besar, jasa pertambangan, dan penggalian.

9. PT Kideco Jaya Agung

Diakui sebagai perusahaan energi terkemuka di Indonesia, Kideco Jaya Agung menonjol dalam produksi batu bara berkualitas tinggi, yang ramah lingkungan dengan kandungan sulfur dan ash rendah. PT Indika Energy Tbk (INDY) baru-baru ini membeli saham Kideco, menandai perubahan signifikan dalam kepemilikan dan operasi perusahaan.

PT Kaltim Prima Coal

Sebagai anak perusahaan dari PT Bumi Resources, PT Kaltim Prima Coal berfokus pada penambangan dan pemasaran batu bara. Terletak di Sengata, Kalimantan Timur, perusahaan ini telah beroperasi sejak tahun 1992 dan dikenal sebagai salah satu operasi penambangan open pit terbesar di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: