Iklan dempo dalam berita

10 Jajanan Pasar Tradisional Berikut Semuanya Berbahan Dasar dari Singkong Alias Ubi

10 Jajanan Pasar Tradisional Berikut Semuanya Berbahan Dasar dari Singkong Alias Ubi

foto istimewa dan hanya sebagai ilustrasi --

Getuk goreng biasanya punya tekstur bergaris atau dalam bentuk bola-bola, sedangkan getuk lindri punya warna yang cantik dan rasa yang legit. Sajian getuk lindri yang menarik ini juga akan dilengkapi dengan parutan kelapa yang gurih.

BACA JUGA:Hanya Dengan Jus Lemon dan Soda Kue, Karat Pada Tandon Stainless Steel Bisa Kinclong Kembal

4. Combro

Comro atau combro adalah salah satu camilan gurih khas Sunda yang punya isian berupa tumisan oncom gurih yang punya cita rasa pedas. Combro merupakan jajanan tradisional dari Jawa Barat yang terbuat dari singkong dan oncom sebagai isiannya. Combro akan berbentuk lonjong, berwarna cokelat kekuningan, dengan rasa rempah dan punya daya simpan yang rendah sehingga sebaiknya segera dikonsumsi ketika selesai dibuat.

5. Misro

Misro dan combro sama-sama terbuat dari parutan kelapa tapi isiannya berbeda. Misro berisi gula merah sisir sehingga rasanya manis. Jika dibandingkan dengan combro bahan misro lebih simpel, hanya parutan singkong dan gula merah. Namun keduanya sama-sama digoreng.

6. Cenil

Cenil merupakan salah satu jenis makanan tradisional dengan warna dan rasa yang unik. Cenil adalah jajanan pasar yang biasanya banyak disajikan pada acara-acara atau tradisi rakyat dan keagamaan di berbagai daerah. Cenil punya tekstur kenyal dengan parutan kelapa dan tambahan gula pasir yang makin meningkatkan cita rasanya.

7. Lemet

Lemet adalah salah satu makanan tradisional yang terbuat dari sajian singkong parut dengan isian gula merah dan kelapa parut yang dibungkus dengan daun pisang lalu kemudian dikukus. Meski termasuk jajanan lawas, makanan tradisional dari singkong ini banyak digemari dan disantap dalam acara-acara ritual dan tradisi di Indonesia.

BACA JUGA:Rasanya Enak, Kue Ini Adalah Camilan Para Bangsawan Bengkulu

8. Gatot

Gatot adalah jajanan tradisional yang populer di Yogyakarta. Jajanan ini terbuat dari gaplek atau singkong kering yang digunakan untuk membuat tiwul. Untuk membuatnya, gaplek direndam dulu dalam air lalu diiris tipis dan dikukus. Penyajiannya bisa diberi parutan kelapa yang telah dicampur dengan gula.

9. Sentiling

Sentiling terbuat dari singkong parut yang diberi pewarna. Tekstur kudapannya kenyal dan rasanya manis. Jajan tradisional ini banyak ditemukan di Jawa Tengah. Cara membuat sentiling ini cukup mudah. Cukup parut singkong, lalu kemudian beri pewarna makanan, setelah itu kukus sampai matang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: